Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Tabungan dan Investasi

Dian Eko Prasetio
Sabtu 18 Maret 2023, 00:40 WIB
Ilustrasi Menabung (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi Menabung (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Tabungan dan investasi sering diartikan sama, di mana keduanya sama-sama kegiatan menimbun uang atau dana.

Padahal perlu kamu tahu, meskipun sekilas keduanya memiliki arti yang sama, namun ternyata tabungan dan investasi merupakan 2 hal yang berbeda lho!

Untuk lebih mengerti apa itu tabungan dan investasi, berikut ini Labviral.com jelaskan perbedaan antara tabungan dan investasi. Yuk disimak!

Baca Juga: Banyak Manfaat, Berikut 5 Keuntungan Menabung di Bank

Perbedaan Tabungan dan Investasi

1. Keuntungan

Tujuan dari tabungan dan investasi tentunya sama-sama ingin memiliki keuntungan, namun perlu diingat keduanya menghasilkan keuntungan yang berbeda.

Di mana ketika kamu menyimpan uang di bank dalam bentuk tabungan, kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga bank dalam periode tertentu.

Sedangkan investasi akan mendapatkan keuntungan dari modal yang kamu tanam. Pada umumnya, keuntungan dari investasi akan lebih besar karena tujuan investasi memang pertumbuhan atau penambahan nilai aset.

Baca Juga: Tidak Selalu Menguntungkan, Ini Kekurangan Menabung di Bank

2. Resiko

Jika sudah berbicara keuntungan, kamu juga harus mengetahui resikonya. Sebab, kedua hal tersebut akan selalu berdampingan, jika tidak untung maka akan rugi itu adalah bentuk dari resiko.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini