Indonesia Kaya akan Sumber Daya Alam, Yuk Bangun Bisnis Lewat Komoditas Ini!

Dian Eko Prasetio
Senin 20 Maret 2023, 20:04 WIB
Illustrasi Bisnis Kopi (Sumber : Pixabay)

Illustrasi Bisnis Kopi (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Tren bisnis yang berkiblat pada budaya ataupun potensi dari luar negeri kerap menjadi patokan pebisnis Indonesia dalam memulai usaha.

Mulai dari Amerika, Jepang, China, hingga Korea. Sebelum berkaca kepada luar negeri, coba Anda telusuri lebih dulu potensi yang ada di Indonesia.

Salah satunya potensi kekayaan alam yang ada untuk bisa dijadikan peluang bisnis dan menghasilkan keuntungan. Ada banyak hasil alam di negeri ini yang bisa dijadikan bisnis, diantaranya biji kopi, teh, bunga, batu bara, kapur, dan masih banyak lagi macam lainnya.

Dari sekian banyak pilihan hasil alam tersebut, Anda bisa menimbang empat peluang bisnis dari hasil alam berikut ini; 

1. Biji Kopi

Biji kopi di Indonesia bisa menjadi pilihan untuk bisa dijadikan ladang bisnis. Kebergaman kualitas tanah di berbagai wilayah Indonesia pun mempengaruhi kualitas biji kopi yang dihasilkan. Dalam hal ini, kualitas biji kopi tak hanya dilihat dari visual bijinya tetapi juga rasa kopi saat dikonsumsi, termasuk tingkat keasamannya. 

Umumnya, tingkat keasaman kopi di Tanah Air dihasilkan dari biji kopi yang ditanam di wilayah dingin atau berbukitan dan Indonesia bagian Timur. Keberagaman ini bisa jadi nilai plus saat menjualkan produk biji kopi ke pasar umum dan pecinta kopi.

Baca Juga: Tanda Anak Pintar yang Jarang Disadari, Barangkali Ada Salah Satunya pada Si Kecil

2. Makanan dan Minuman Artisan

Di tahun ini, beragam makanan dan juga minuman artisan juga akan semakin banyak peminatnya. Meski hargaya terbilang lebih mahal daripada produk sejenis lainnya di pasaran, produk artisan ini tetap banyak disukai dan tetap memiliki pangsa pasar yang luas.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan memilih produk yang mudah dijual terlebih dahulu, seperti artisan tea atau yang lainnya. Tentunya dengan memilih juga kualitas agar bisa dijual dengan sesuai, yang kini sudah bisa ditemui di berbagai wilayah Indonesia.

3. Teh

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini