Lagi Merantau, tapi Ingin Bangun Bisnis, Kenapa Tidak?

Dian Eko Prasetio
Rabu 22 Maret 2023, 16:23 WIB
Illustrasi Bangun Bisnis (Sumber : Shutterstock)

Illustrasi Bangun Bisnis (Sumber : Shutterstock)

LABVIRAL.COM - Bekerja maupun menjalankan usaha di kota kelahiran tentu lebih menyenangkan. Selain bisa dekat dengan keluarga, juga lebih hemat biaya.

Namun dalam bekerja, kita harus bersikap profesional, termasuk bisa tinggal di mana saja untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Berikut tips bangun bisnis di daerah perantauan:

1. Cepat beradaptasi atau menyesuaikan diri

Meski masih berada di negara yang sama, yaitu Indonesia, setiap kota atau daerah memiliki budaya yang berbeda. Termasuk karakteristik penduduknya, adat istiadat, kebiasaan, dan sebagainya. Kamu harus mampu dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Belajar bertanggung jawab atas diri sendiri dalam segala hal. Ingat, kamu sedang bekerja sendirian di kota ‘orang’. Tidak ada orangtua dan sanak keluarga yang dikenal, sehingga harus belajar mandiri.

Kenali kehidupan di lingkungan sekitar kota tempatmu bekerja, namun jangan sampai terbawa arus. Tetap bijak memilih, mana yang baik dan buruk, sehingga kamu bisa betah dan sukses di perantauan.

Baca Juga: Ingin Beli Rumah? Yuk Pahami Terlebih Dahulu Apa Itu KPR!

2. Ingat tujuan hidupmu

Pasti ada tujuan hidup yang ingin kamu capai sehingga memutuskan bekerja di luar kota. Entah itu untuk mendapatkan gaji yang besar, mengejar karier impian, mencari pengalaman, atau tujuan lainnya.

Setiap kali kamu kena ‘sindrom kangen rumah atau keluarga,’ maupun ada masalah dengan pekerjaan atau rekan kerja, ingat kembali tujuan hidup ini agar kamu tidak menyerah begitu saja dengan keadaan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Bisnis

8 Rekomendasi Rencana Bisnis Hampers

Selasa 21 Maret 2023, 14:09 WIB
8 Rekomendasi Rencana Bisnis Hampers
Berita Terkini