Mau Pelihara Burung Beo? Pahami Dahulu Beberapa Hal Berikut

Aci
Rabu 17 Mei 2023, 14:43 WIB
Daftar Harga Burung Beo Terbaru (Sumber : Burung Beo/istockphoto.com)

Daftar Harga Burung Beo Terbaru (Sumber : Burung Beo/istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung beo merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di kalangan pecinta burung. Burung beo dikenal memiliki keistimewaan, dimana satwa yang satu ini dapat meniru suara manusia. 

Hal tersebut membuat burung beo kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tak jarang juga diikutsertakan untuk lomba atau kontes burung lho!

Tapi perlu kamu tahu, terdapat beberapa hal penting yang perlu kamu perimbangakan jika ingin memelihara burung beo. Apa saja, simak penjelasan Labviral.com berikut ini.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Beo Terbaru

1. Burung beo memiliki beberapa jenis

Burung beo terdapat beberapa jenis, mulai dari beo biasa, Nias, Enggano, dan Sri Lanka. Dan setiap beo mempunyai karakter yang berbeda-beda. 

Burung beo yang lebih kecil lebih dapat dibiarkan sendiri untuk waktu yang lebih lama, lebih mudah dihibur, dan memiliki kebutuhan diet yang kurang spesifik. 

Burung beo yang lebih besar membutuhkan mainan baru setiap hari, makanan buatan rumah khusus untuk melengkapi makanan yang dibeli, dan akan membutuhkan lebih banyak perhatian. 

2. Burung beo perlu terbang

Burung beo perlu terbang, karena itu sudah menjadi naluriah karena itu merupakan bentuk latihan fisik. Burung beo yang lebih besar membutuhkan lebih banyak ruang untuk terbang. 

Sangkar burung haruslah menyediakan cukup ruang bagi burung untuk dapat mengepakkan sayapnya dengan mudah, berputar dalam lingkaran penuh tanpa ekor menyentuh tepi, dan memanjat di sekitar sangkar untuk bersenang-senang. 

Baca Juga: Penyebab Burung Beo Bisa Menirukan Suara Manusia

Burung beo juga membutuhkan waktu di luar kandang agar benar-benar memungkinkan mereka untuk melebarkan sayapnya!

Seberapa sering burung perlu terbang? Idealnya kapanpun mereka mau, tetapi itu tidak selalu memungkinkan. 

Jadi, penting untuk memastikan mereka memiliki waktu penerbangan setidaknya sekali sehari.

3. Perlu makanan khusus untuk spesies

Kamu perlu tahu, di alam liar burung beo eclectus sebagian besar merupakan pemakan buah sedangkan jenis beo lainnya pemakan biji-bijian.

Makanan utama burung beo harus terdiri dari pelet yang diformulasikan khusus untuk spesiesnya.

Baca Juga: Pecinta Burung Perlu Tahu Jenis Jenis Burung Beo, Ada Yang Berstatus Dilindungi Lho!

4. Perilaku yang Rumit 

Bukan hanya manusia saja, burung beo juga memiliki perilaku yang cukup sulit ditebak. Bahasa tubuh burung beo itu rumit. Namun, sekali kamu memahaminya, maka ikatan kamu dan burung beo bisa jadi kuat. 

Sering mencabuti bulunya adalah gangguan umum yang dapat berasal dari tekanan psikologisnya.  Saat burung sangat bersemangat, takut, marah, atau tertarik pada sesuatu, mata mereka akan dengan cepat membesar dan menyempitkan pupilnya. 

Untuk dapat menafsirkan jika mereka senang melihat kamu atau akan menyerang, kamu perlu menafsirkan petunjuk visual lain. 

Jika burung sedang menjepit matanya, dengan ekor yang mengembang, sayap sedikit keluar, posisi badan rendah dan sedang mendesis, itu berarti dia sedang ketakutan atau marah. Jika dia menjepit matanya dengan postur yang sangat tegak, artinya burung beo mu tertarik dengan apa yang kamu lakukan. 

Baca Juga: Ini Burung Hantu Serak Bukit, Burung Mirip Ular Sendok yang Malam Agresif tapi Siang Suka Rebahan

Jika burung beo menjepit matanya sambil mengangguk-angguk sedikit dari satu sisi ke sisi lain, atau mengembangkan sayap, kemungkinan besar dia senang melihat kamu. Namun, seperti halnya manusia, burung yang berbeda akan menampilkan bahasa tubuh yang berbeda.

Nah, itu dia hal hal yang perlu kamu ketahui jika ingin memelihara mammalian istimewa yang satu ini. Semoga bermanfaat ya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Hype

Daftar Harga Burung Beo Terbaru

Selasa 16 Mei 2023, 18:08 WIB
Daftar Harga Burung Beo Terbaru
Berita Terkini