Pecinta Burung Perlu Tahu Jenis Jenis Burung Beo, Ada Yang Berstatus Dilindungi Lho!

Aci
Selasa 16 Mei 2023, 18:06 WIB
Pecinta Burung Perlu Tahu Jenis Jenis Burung Beo, Ada Yang Berstatus Dilindungi Lho! (Sumber : Burung  Beo/istockphoto.com)

Pecinta Burung Perlu Tahu Jenis Jenis Burung Beo, Ada Yang Berstatus Dilindungi Lho! (Sumber : Burung Beo/istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung beo merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di kalangan pecinta burung.

Burung beo dikenal memiliki keistimewaan, dimana satwa yang satu ini dapat meniru suara manusia. 

Hal tersebut membuat burung beo kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tak jarang juga diikutsertakan untuk lomba atau kontes burung lho!

Baca Juga: Fokus dan Berani, 5 Karakter Burung Elang Jawa Bisa Kamu Contoh

Tahukah kamu? Terdapat beberapa jenis burung beo yang cukup populer lho! Meskipun sering dijadikan sebagai satwa peliharaan, kamu perlu tahu ada jenis beo yang dilindungi ada yang tidak atau boleh dipelihara. 

Berikut ini Labviral.com punya daftar jenis-jenis burung beo yang perlu kamu ketahui ada yang dilindungi ada yang bisa dipelihara. Yuk disimak!

1. Burung Beo Nias

Jenis pertama yaitu burung beo nias mempunyai nama latin Gracula robusta. Beo jenis ini memiliki warna hitam dan termasuk kedalam burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Mari Mengenal Burung Hantu Elang Eurasia, Jagoan Si Paling Raksasa

Memiliki paruh berwarna kekuningan, sesuai namanya burung beo nias  ini hidup alami alami di Pulau Nias, Sumatera Utara. 

Beo nias juga memiliki bobot tubuh yang lebih besar dari beo lainnya. Selain itu, terdapat gelambir kuning di area leher bagian atas hingga sekitar telinga. Gelambir inilah yang menjadi ciri utama beo nias.

2. Burung Beo Jawa

Selanjutnya yaitu beo jawa, berbeda dengan beo nias yang statusnya dilindungi, Beo Jawa atau Gracula religiosa adalah beo yang umum dijadikan burung peliharaan. 

Populasi jenis beo ini cukup banyak di alam liar. Dibanding jenis beo lain, ukuran tubuh burung bergelambir kuning ini tergolong kecil.

Beo jawa bisa dijumpai di hutan-hutan pegunungan serta wilayah perbukitan. 

Baca Juga: Mengenal Burung Hantu Punggok Coklat yang Mirip Elang dan Suka Makan Kelelawar

Perlu kamu ketahui, meskipun namanya mengusung kata “Jawa”, tetapi spesies ini tidak hanya terdapat di Pulau Jawa, melainkan juga bisa ditemukan di kawasan Asia Selatan hingga Asia Tenggara.

3. Burung Beo Sri Lanka

Sama seperti beo jawa, beo sri lanka juga menjadi satwa endemik yang hanya berhabitat di hutan serta ladang kawasan Srilanka. 

Burung bernama latin Gracula ptilogenys ini memiliki ciri khas yang mudah dikenali, yakni terdapat corak unik berupa gelambir kuning pendek di bagian pundak.

Meskipun jarang ada di Indonesia, potensinya untuk dikembangbiakkan di Indonesia masih sangat terbuka.

4. Burung Beo Enggano

Burung beo enggano juga termasuk ke dalam satwa endemik. Spesies ini hanya hidup di kawasan Pulau Enggano, Sumatera Barat. Habitatnya berada di tepian hutan.

Baca Juga: Mengenal Burung Hantu Barred Eagle, Warna dan Coraknya yang Dekil Membuatnya Disebut Si Burung Kotor

Memiliki nama latin Gracula enganensis dan termasuk omnivora yang memakan segala jenis makanan, mulai dari pakan hewani seperti serangga, hingga nabati berupa buah-buahan, nektar, dan lain sebagainya.

5. Burung  Beo Southern

Untuk yang satu ini, merupakan burung beo yang berasal dari kawasan India Selatan dan Srilanka. 

Burung beo southern memiliki ciri khasnya, yang bisa di lihat pada bagian gelambirnya yang cukup ramping. 

Potensinya untuk dikembangkan di Indonesia juga sangat bagus, sebab iklim nusantara dengan India dan Srilanka tidak jauh berbeda.

Baca Juga: Ini Burung Hantu Serak Bukit, Burung Mirip Ular Sendok yang Malam Agresif tapi Siang Suka Rebahan

Layaknya jenis burung beo lainnya, spesies beo southern adalah pemakan segala, baik sumber pakan hewani maupun nabati

Nah, itu dia jenis-jenis burung beo, perlu kamu ingat ya. Untuk memelihara sebuah satwa kamu perlu tahu apakah satwa tersebut masuk dalam perlindungan atau tidak. 

Karena jika kamu memelihara satwa yang memiliki status dalam lindungan siap-siap kamu akan terjerat hukum yang nantinya berakibat fatal. Nah itu dia jenis-jenis burung beo. Semoga bermanfaat ya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini