Jenis Burung Kutilang yang Cocok Dipelihara Karena Suara Indahnya, Kutilang Wilis Bisa Dipilih Meski Harganya Mahal Banget!

Aci
Rabu 07 Juni 2023, 20:02 WIB
Jenis Burung Kutilang yang Cocok Dipelihara Karena Suara Indahnya, Kutilang Wilis Bisa Dipilih Meski Harganya Mahal Banget! (Sumber : Istockphoto.com)

Jenis Burung Kutilang yang Cocok Dipelihara Karena Suara Indahnya, Kutilang Wilis Bisa Dipilih Meski Harganya Mahal Banget! (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Ketilang atau burung kutilang dikenal juga cucak kutilang merupakan salah satu jenis burung pengicau (passerine). Burung kutilang memiliki nama ilmiah Pycnonotus aurigaster, sedangkan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Sooty-headed Bulbul.

Burung kutilang cukup populer di masyarakat karena populasinya yang besar juga berkat suara yang merdu, kutilang kerap kali dijadikan peliharaan untuk diikutsertakan dalam kontes.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis burung kutilang, yang paling sering sering diikutsertakan dalam kontes karena suaranya yang indah. Selain itu, jenis ini juga cocok untuk dipelihara. Adapun berikut daftarnya:

Baca Juga: Mengenal Burung Kutilang, dari Ciri Khas, Habitat Sampai Keunikannya yang Senang Berjemur dan Mandi Embun Pagi

Burung kutilang Jawa

Burung kutilang pertama yang bisa kamu pilih untuk dijadikan peliharaan adalah, burung kutilang Jawa. Burung kutilang Jawa merupakan salah satu jenis yang tergolong mudah bersosialisasi dan sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Tak hanya itu, kutilang Jawa bisa bertahan hidup hingga 10 tahun.

Burung kutilang emas 

Di kalangan pecinta burung, burung kutilang emas pastinya sudah tak asing di telinga sebab ia aktif diikutsertakan dalam lomba. Pasalnya, hewan yang bulunya didominasi warna kuning ini mempunyai suara yang sangat merdu.

Burung kutilang zebra

Sesuai dengan namanya, burung kutilang yang satu ini mempunyai corak tubuh layaknya seekor zebra. Namun, corak tersebut hanya terdapat pada bagian leher hingga dadanya saja. 

Baca Juga: Mari Pelajari Jenis Jenis Burung Kutilang Berdasarkan Peta Persebarannya, dengan Sebutan Masing-masing Daerah

Pada kutilang zebra jantan, corak hitam putihnya terlihat lebih pekat dibanding kutilang zebra betina. Saat dipelihara, burung peliharaan ini bisa bertahan hidup selama 3-15 tahun.

Burung kutilang sutra

Jenis yang satu ini rasanya menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin ikut lomba burung kicau. Di kalangan pecinta burung, kutilang ini terkenal akan suaranya yang merdu dan kerap memenangkan perlombaan.

Jenis kutilang ini bisa ditemukan di daerah pegunungan, dataran tinggi, atau perbukitan.

Burung kutilang biasa

Jangan karena namanya kutilang biasa kamu berfikir jenis yang satu ini paling biasa, karena jenis kutiang biasa adalah jenis burung kutilang yang paling banyak dipelihara oleh kebanyakan pecinta burung kicau di Indonesia.

Baca Juga: 5 Makanan Kesukaan Burung Kutilang, pasti Lahap!

Pasalnya, binatang satu ini mudah dijumpai di alam liar dan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Di samping itu, burung peliharaan tersebut juga mudah dijinakkan dan dilatih agar bisa gacor.

Burung kutilang jambul

Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini memiliki jambul di kepalanya. Kutilang jambul berasal dari Thailand.

Burung pemakan serangga ini sangat mudah untuk dipelihara. Saat dipelihara, mereka bisa tumbuh hingga kurang lebih 20 sentimeter.

Burung kutilang wilis

Kutilang wilis merupakan jenis burung kutilang yang paling indah, sebab jika dibanding jenis kutilang lainnya, kutilang wilis adalah burung yang punya corak warna paling indah.

Baca Juga: Mengenal Burung Walet, Habitat, Pakan dan Ciri Fisik Sampai dengan Karakter

Ini membuatnya jadi salah satu pilihan bagi pecinta unggas untuk dipelihara di rumah. Hanya saja, hewan ini mulai sulit ditemukan di pasar burung. Untuk bisa mendapatkannya, kamu harus merogoh kocek cukup tinggi.

Burung kutilang trucukan

Jenis kutilang terakhir adalah kutilang trucukan. Hewan peliharaan ini sangat mudah ditemukan di area pemukiman penduduk. Tak heran jika harganya sangat terjangkau dibanding jenis kutilang lain.

Sayangnya, suara yang dihasilkan kutilang trucukan biasa saja. Butuh latihan yang rutin untuk bisa membuat suara kicau burung tersebut terdengar merdu.

Nah, itu dia beberapa jenis burung kutilang yang bisa kamu jadikan peliharaan karena suara dan keunikan lainnya. Semoga bermanfaat, ya!***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini