5 Tips Perawatan Untuk Burung Kutilang yang Harus Kamu Perhatikan

Aci
Kamis 08 Juni 2023, 14:23 WIB
Perawatan Untuk Burung Kutilang yang Harus Kamu Perhatikan (Sumber : Istockphoto.com)

Perawatan Untuk Burung Kutilang yang Harus Kamu Perhatikan (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung kutilang merupakan salah satu jenis burung yang paling sering dipelihara karena dianggap memiliki berbagai keunikan. Seperti suaranya yang merdu, mudah beradaptasi juga bisa dijinakkan.

Namun perlu diingat ya sobat viral, jika kamu memelihara binatang apapun pastikan kamu memahami cara untuk merawatnya agar binatang kesayangan kamu dapat sehat dan terus tumbuh termasuk burung kutilang.

Berikut ini, Labviral.com bagikan tips untuk kamu cara merawat burung kutilang yang baik dan benar. Agar burung kutilang kamu dapat tumbuh sehat dan memiliki suara yang indah. Yuk disimak!

Baca Juga: Mengenal Burung Kutilang, dari Ciri Khas, Habitat Sampai Keunikannya yang Senang Berjemur dan Mandi Embun Pagi

Beri perhatian 

Hal pertama yang paling penting saat kamu memelihara makhluk hidup tentu saja perhatian dan kasih sayang, termasuk pada burung kutilang. Burung akan menghabiskan banyak waktu di kandang, tetapi penting untuk selalu memberi perhatian pada hewan ini. 

Adapun salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan kasih sayang yang bisa kamu lakukan yaitu dengan selalu berinteraksi dan mengajarkan burung untuk berkicau. 

Kamu bisa melakukannya secara rutin, misalnya setiap pagi dan sore. Salah satu cara mengajarinya adalah dengan membiarkan burung kutilang berdekatan dengan burung lain yang sudah mahir berkicau. 

Baca Juga: 5 Makanan Kesukaan Burung Kutilang, pasti Lahap!

Memberikan makanan yang bernutrisi

Selain berinteraksi, cara selanjutnya yang tak kalah penting yaitu memperhatikan makanan untuk burung kutilang. Pastikan kamu memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan dari burung kutilang tersebut.

Untuk jenis burung ini, kamu bisa memberi makan jangkrik. Pastikan memilih ukuran jangkrik yang sesuai dengan besar paruh burung, sehingga memudahkan proses makan. 

Kamu juga bisa memberikan buah-buahan ke burung, seperti buah pisang dan pepaya serta selalu sediakan air bersih untuk minum di dalam kandang.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Burung Kutilang yang Jarang Diketahui, Termasuk si Kecil Ini Punya Jambul Unik Loh!

Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan erat hubungannya dengan kesehatan untuk itu agar burung kutilang kesayangan kamu sehat pastikan kamu menjaga kebersihan tempat tinggal si burung (kandang).

Burung kutilang makan, tidur, sekaligus membuang kotoran di kandang tersebut untuk itu pastikan kamu rutin membersihkan kandang burung kutilang tersebut.

Baca Juga: Mengenal Arti Suara Merdu Burung Kutilang! Bukan untuk Pamer Kicau, tapi Bisa Jadi Pemberi Sinyal Tanda Bahaya

Memandikan burung kutilang

Selain menjaga kebersihan kandang si burung, kamu juga harus menjaga kebersihan dari burung itu sendiri. Kamu harus rutin memandikan burung kutilang.

Tapi perlu diingat, jika ingin memandikan burung kutilang perhatikan waktu yang tepat, karena udara yang dingin akan mempengaruhi kesehatan burung. 

Cara memandikannya sendiri yaitu dengan disemprot pelan dengan air bersih. Burung kutilang bisa dimandikan setiap 2 minggu sekali saat cuaca sedang cerah dan paling baik yaitu pukul 8 sampai 9 pagi.

Hindari menyemprot burung di area mata karena membuat burung tak nyaman dan trauma untuk dimandikan lagi.

Baca Juga: Mari Pelajari Jenis Jenis Burung Kutilang Berdasarkan Peta Persebarannya, dengan Sebutan Masing-masing Daerah

Perhatikan gejala penyakit 

Sebagai pemilik yang baik kamu juga harus perhatian ama kondisi burung kutilang, sebab sama seperti hewan lainnya, burung kutilang juga bisa mengalami gangguan kesehatan. 

Jenis burung yang satu ini bisa mengalami stres, cacingan, gangguan pernapasan, infeksi virus, hingga kaki bengkak. Biasanya burung akan menunjukkan gejala, seperti sayap dan bulu yang terlihat kusam, nafsu makan berkurang, feses berwarna putih, hingga gangguan keseimbangan saat bertengger.

Baca Juga: Jenis Burung Kutilang yang Cocok Dipelihara Karena Suara Indahnya, Kutilang Wilis Bisa Dipilih Meski Harganya Mahal Banget!

Nah itu dia 5 tips yang sebaiknya kamu perhatikan jika ingin memelihara burung kutilang. Jadilah manusia yang bijak jika ingin memelihara makhluk hidup, semoga bermanfaat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini