Rekomendasi Kursus Mobil yang Terkenal di Jakarta Beserta Rincian Biayanya

Aci
Jumat 16 Juni 2023, 17:38 WIB
Rekomendasi Kursus Mobil yang Terkenal di Jakarta Beserta Rincian Biayanya

Rekomendasi Kursus Mobil yang Terkenal di Jakarta Beserta Rincian Biayanya

LABVIRAL.COM - Urusan mengemudi mobil bukan sekedar menyetir dan menjalankannya saja. Tentu saja, kamu harus mengerti dan paham semua yang berhubungan dengan mengemudi, fungsi setiap bagian mobil, kondisi dan situasi dalam mengemudi, termasuk psikologi pengendara lain yang sama-sama berada di jalan.

Sebab saat kamu menjalankan kendaraan roda empat tersebut, keselamatan kamu dan orang-orang yang berada di sekitarmu menjadi tanggung jawab kamu sendiri. Untuk itu, seseorang harus benar-benar paham dan bisa jika ingin mengemudikan kendaraan roda empat tersebut.

Baca Juga: Cara Memilih Kursus Mengemudi yang Berkualitas, Belajar Nyetir Mobil Lebih Aman dan Dijamin Lancar

Untuk mendapatkan pemahaman dan keterampilan mengemudi, tentu saja kamu harus berlatih mengemudi. Dalam berlatih mengemudi, kamu bisa meminta bantuan orang yang sudah mahir dalam mengemudi; mungkin keluarga, ataupun teman yang memang terbukti benar-benar sudah paham mengemudi.

Jika tidak ada orang terdekat yang bisa mengajarimu, tentu saja tidak ada pilihan lain selain memilih untuk ikut sekolah atau kursus mengemudi. Saat ini, kursus mengemudi sudah banyak yang  terpercaya. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Kursus Mengemudi Mobil Terpercaya Daerah Pamulang Tangerang Selatan, Dijamin Lancar

Untuk kamu yang sedang ingin mengikuti kursus mengemudi di daerah Jakarta, berikut Labviral.com merekomendasikan tempat kursus mobil terpercaya beserta rincian biaya yang bisa kamu siapkan sebagai referensi:

Satria Jayanti

Satria Jayanti salah satu sekolah kursus mengemudi di daerah Jakarta. Tempat kursus satu ini tergabung ke dalam Persatuan Sekolah Mengemudi Kendaraan Bermotor PSMKB.

Adapun keunggulan dari sekolah mengemudi Satria Jayanti adalah kamu dapat mendaftar secara online di website resminya dan melakukan pembayaran via transfer. Instruktur dari tempat kursus ini sudah berpengalaman sehingga kamu akan diajarkan teori dan tips mengendarai dengan tepat.

Baca Juga: Belajar Mobil Otodidak Atau Ikut Kursus, Mana yang Lebih Baik?

Untuk biaya kursus di Satria Jayanti kamu bisa merogoh kocek untuk mobil manual, biaya kursus paling murah sebesar Rp690.000 dan paling mahal Rp960.000. Sementara mobil matik dikenakan biaya kursus paling murah Rp 795.000 dan paling mahal Rp1.110.000.

Pesona Jaya

Kursus menyetir mobil lainnya yang cukup terkenal yaitu Pesona Jaya. Tempat kursus satu ini sudah berdiri sejak tahun 1997 dan telah memiliki beberapa cabang di daerah Jakarta, yaitu Pasar Minggu, Lenteng Agung, Cilandak, dan Cibubur.

Baca Juga: Apa yang Didapatkan Saat Kursus Setir Mobil Untuk Pemula?

Untuk biaya kursus sendiri di tempat ini berbeda-beda dan dibedakan berdasarkan paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Biaya paket kursus 6×1 jam dikenakan Rp490 ribu, paket 8×1 jam Rp660.000, dan paket 10×1 jam sebesar Rp800.000.

Calon murid bisa melakukan latihan mengemudi mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Sebagai informasi tambahan, murid kursus wajib memberikan uang tip kepada instruktur sebesar Rp5.000 per satu jam setiap selesai kursus.

Persemija

Persemija menjadi salah satu tempat kursus menyetir mobil terdekat yang bisa kamu temukan dengan mudah. Tempat kursus mobil yang cukup terkenal di Jakarta ini telah membuka beberapa cabang, seperti di Benhil, Radio Dalam, Percetakan Negara, Kramat Sentiong, hingga Gandaria.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Motor Bekas dibawah Rp10 Jutaan yang Cocok untuk Mahasiswa di Jogja

Jika ingin belajar mengemudi, disediakan mobil bertransmisi otomatis serta manual di tempat ini. Di Persemija, kamu bisa memilih untuk menggunakan mobil manual saja, atau kombinasi dari keduanya.

Untuk biaya kursus menyetir mobil yang paling murah dikenakan harga Rp530.000 dan biaya paling mahal seharga Rp1.450.000. Apabila ingin mendaftar, calon murid dikenakan biaya administrasi sebesar Rp20.000. 

Di samping itu, biasanya ada pula uang tip yang harus diberikan kepada instruksi mengajar. Tip tambahan bisa diberikan sebesar Rp15.000 per satu jam untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk hari libur setiap selesai kursus.

Baca Juga: Cara Memilih Kursus Mengemudi yang Berkualitas, Belajar Nyetir Mobil Lebih Aman dan Dijamin Lancar

Ulisa (Usaha Lima Saudara)

Sekolah mengemudi PT Usaha Lima Saudara atau Ulisa merupakan tempat kursus stir mobil yang pertama didirikan di Jakarta. Awalnya, tempat kursus ini bernama ‘Oemoem’ di mana sudah ada sejak tahun 1951.

Kemudian, pada tahun 1972 sekolah ini bekerja sama dengan empat sekolah mengemudi lainnya sehingga berganti nama menjadi Ulisa yang merupakan singkatan dari Usaha Lima Saudara.

Baca Juga: Daftar Bengkel Mobil 24 Jam Terbaik di Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur

Hingga kini, Ulisa sudah memiliki beberapa cabang di daerah Menteng, Fatmawati, PIK & Pluit, Kelapa Gading, Grogol, serta Gunung Sahari. Untuk biaya kursusnya sendiri, Ulisa mengenakan biaya sekitar Rp775.000 untuk mobil manual dan Rp875.000 untuk mobil matik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini