Spesifikasi Motor Honda Vario 160 Beserta Keunggulannya, Bukan Kaleng-kaleng!

Aci
Rabu 12 Juli 2023, 16:28 WIB
Ilustrasi: Motor Honda Vario 160 (Sumber : Dok.Honda)

Ilustrasi: Motor Honda Vario 160 (Sumber : Dok.Honda)

LABVIRAL.COM - Motor matic memang menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan sehari-hari dalam transportasi. Hal tersebut dikarenakan motor matic mudah digunakan juga lebih hemat bahan bakar.

Di Indonesia sendiri, banyak jenis motor matic yang cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satunya yaitu motor Honda Vario 160.

Motor matic Honda Vario 160 memiliki keunggulan yaitu mesin yang serupa dengan motor matic PCX 160, yaitu berkapasitas 15,9 cc 4 katup esP+. jantung pacunya dilengkapi dengan sistem injeksi dan berpendingin cairan. 

Dengan begitu, tenaga Honda Vario 160 di atas kertas mencapai 15.1 hp pada 8500 rpm. Kemudian torsi puncaknya mencapai 1.38 Nm di 7000 rpm. Mendukung performanya produk Honda dibekali teknologi frame atau rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). 

Membuatnya semakin lincah Ketika bermanuver dan mudah dikendarai.  Keunggulan Honda Vario 160 Honda Vario 160 mendapatkan berbagai macam fitur keselamatan ataupun keamanan, seperti Honda Smart Key System bersama alarm dan answer back system. 

Baca Juga: Rekomendasi Kursus Stir Mobil di Bekasi, Harga Mulai Rp 200 Ribu

Selain keunggulan pada mesinnya, Honda Vario 160 juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Berikut Labviral.com sebutkan beberapa keunggulan Honda Vario 160. Yuk disimak!

Keunggulan Honda All New Vario 160

Series terbaru dari Honda Vario ini dilengkapi sederet fitur dan keunggulan yang super canggih. Dikutip dari website resmi Honda, berikut informasi selengkapnya.

Pilihan tipe dan warna motor

Terdapat dua tipe motor yang dikeluarkan oleh Honda Vario 160, yakni ABS Type dan CBS Type. Pada dasarnya, keduanya dibedakan berdasarkan sistem pengereman yang digunakan.

Fungsi utama ABS adalah mencegah ban motor slip ketika pengendara melakukan rem mendadak. Cara kerja ABS termasuk elektronik, dengan memanfaatkan sensor wheel speed yang berguna untuk mendeteksi roda dalam keadaan tidak berputar namun motor tetap jalan. Singkatnya, sistem rem ABS bak tangan yang menarik dan melepas rem berulang kali dengan cepat.

Pilihan warna untuk Honda Vario 160 ABS Type adalah active black, grander matte white, dan grande matte black.

Sementara berbeda dengan ABS yang kerjanya elektronik, CBS mengaplikasikan sistem rem mekanis. CBS bekerja dengan cara memperpendek jarak berhenti ketika pengendara melakukan pengereman, yang dilakukan dengan menggabungkan rem belakang dan depan. Jadi, walau pengendara hanya menarik salah satu rem, keduanya akan tetap bekerja secara seimbang.

Sama halnya dengan tipe ABS, ada 3 pilihan warna tipe CBS yang tak kalah menarik, yakni grande matte black, grande matte red, dan active black.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Suzuki Ertiga Terbaru 2023, Lengkap Dengan Spesifikasinya

Full digital panel meter

Honda Vario 160 hadir dengan tampilan panel indikator yang sepenuhnya digital dan canggih. Adapun informasi yang bisa dilihat oleh pengendara adalah bahan bakar, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, smart key, indikator baterai dan tegangan aki, dan tambahan indikator ABS (hanya tersedia di tipe ABS).

USB Charger

Di console box, pengendara dapat melakukan pengisian daya gadget dengan cepat dan mudah. Sebagai catatan, daya maksimal untuk pengisian daya adalah 5V 2.1A.

Honda Smart Key System

Sebagai produk keluaran terbaru dari Honda, seri yang satu ini juga dilengkapi smart key system yang membuat penggunanya hanya perlu menyalakan mesin maupun mengunci motor dengan remote. Teknologi terbaru ini terhubung dengan Alarm Anti Maling dan Answer Back System.

All LED Lighting System

Tak perlu khawatir soal penerangan saat berkendara, sebab Honda Vario 160 dilengkapi lampu LED di semua bagian, termasuk lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Oppo A78 4G yang Baru Rilis di Indonesia

New Cast Wheel Design With Wider Tire

Ukuran ban Honda Vario 160 lebih besar, lengkap dengan desain cast wheel terbaru yang menunjang keamanan dan kenyamanan setiap pengendara.

Ukuran Bagasi Luas

Kapasitas bagasi di seri Honda 160 cukup besar, yakni hingga 18 liter. Jadi, Anda dapat menyimpan helm ataupun barang lain yang diperlukan selama perjalanan.

Rear Disc Brake

Khusus tipe ABS, terdapat fitur rear disc brake atau rem cakram belakang agar pengereman lebih stabil dan aman untuk pengendara.

Anti-lock Braking System (ABS)

Terdapat sistem pengereman anti-lock yang hanya tersedia pada Honda Vario 160 tipe ABS yang berfungsi mencegah terkuncinya roda ketika rem mendadak.

Baca Juga: Tecno Luncurkan Ponsel Canggih Terbarunya Camon 20 Series, Intip Spesifikasi dan Harganya

Nah, itu dia berbagai teknologi menarik yang dimiliki oleh Honda Vario 160. Jika tertarik untuk membeli, Anda bisa mendatangi dealer terdekat di kota Anda untuk melakukan pemesanan. Terkait harga terbaru Honda Vario 160 simak artikel berikutnya di Labviral.com. Semoga bermanfaat ya!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini