Ada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Post-Credit Oppenheimer, Begini Faktanya

Sunardi
Minggu 23 Juli 2023, 15:54 WIB
Warganet yang mengaitkan konteks film Oppenheimer dengan kemerdekaan Indonesia. (Sumber : Twitter/@dikusssss dan imdb.com)

Warganet yang mengaitkan konteks film Oppenheimer dengan kemerdekaan Indonesia. (Sumber : Twitter/@dikusssss dan imdb.com)

LABVIRAL.COM - Salah satu film yang sedang ramai jadi perbincangan yakni Oppenheimer. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan itu berkisah tentang biografi fisikawan Amerika Serikat bernama J. Robert Oppenheimer.

Dalam film Oppenheimer tersebut sangat erat kaitannya dengan konteks kemerdekaan di Indonesia. Bahkan, banyak yang menduga bahwa terdapat proklamasi kemerdekaan Indonesia di post-credit Oppenheimer.

Sosok Oppenheimer sendiri merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945. Gara-gara insiden itulah akhirnya Jepang menyerah dan Indonesia pun berhasil memproklamasikan kemerdekaan.

Baca Juga: Rekomendasi Banner 17 Agustus 2023, Lengkap Dengan Ucapan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023

Baca Juga: Belanda Akui Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945

Lalu, apakah benar ada proklamasi kemerdekaan Indonesia di post-credit Oppenheimer? Berikut ini adalah fakta-faktanya.

1. Beredar foto momen kemerdekaan Indonesia

Foto momen pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia.Foto momen pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. (Twitter/@dikusssss)

Di jagat Twitter beredar berbagai foto yang menunjukkan momen kemerdekaan Indonesia yang ditampilkan di dalam bioskop. Dalam foto tersebut tak sedikit yang memberikan keterangan seolah hal tersebut menjadi salah satu dari adegan post-credit Oppenheimer.

2. Tidak ada momen kemerdekaan Indonesia dalam post-credit Oppenheimer

Fakta kedua dari film Oppenheimer yakni tidak menampilkan adanya adegan momen kemerdekaan Indonesia dalam film karya Christopher Nolan itu. Banyak narasi foto momen kemerdekaan di layar bioskop tersebut hanyalah editan belaka. Bahkan, hingga akhir film Oppenheimer tak menyinggung adanya cuplikan momen pembacaan proklamasi.

Baca Juga: Lirik Lagu Himne Kemerdekaan, Gambarkan Tentang Pujian Kemerdekaan Indonesia

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini