Fakta Unik 11 Negara Asia Tenggara, Ada yang Gak Punya Pantai Lho!

Aci
Selasa 25 Juli 2023, 13:27 WIB
Ilustrasi: Kumpulan bendera negara di asia tenggara (Sumber : Instagram.com/@asean_ri)

Ilustrasi: Kumpulan bendera negara di asia tenggara (Sumber : Instagram.com/@asean_ri)

LABVIRAL.COM - Asia Tenggara memiliki ragam kebudayaan dan juga kaya akan  keajaiban yang tak terbatas. Dari kekayaan budaya hingga keindahan alamnya, setiap negara di wilayah ini memiliki pesona yang unik dan tak tertandingi. 

Wilayah Asia Tenggara ditempati oleh 11 Negara yang memiliki wilayah kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan alam.  Tentunya dengan ciri khas juga fakta menarik yang unik. Pada setiap masing-masing negaranya.

Berikut ini Labviral.com ajak kamu untuk mengenal keunikan 11 Negara Asia Tenggara yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk disimak!

Baca Juga: Mengenal 11 Negara Asia Tenggara: Kaya Akan Keajaiban dan Keanekaragaman

Negara Indonesia

Yang pertama ada tanah air tercinta, yaitu Negara Kepulauan Terbesar di Dunia siapa lagi kalau bukan negara Indonesia. Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan kekayaan alamnya, tahukah kamu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia? 

Ternyata terdapat lebih dari 17.000 pulau, Indonesia menyajikan keindahan alam yang menakjubkan, termasuk gunung berapi, pantai eksotis, dan hutan hujan yang luas. Wshh keren ya Indonesia.

Negara Malaysia

Selanjutnya yaitu negara Malaysia, atau yang dikenal sebagai tempat tertinggi untuk melihat bintang. Tahukah kamu negara Malaysia memiliki langit yang gelap dan bersih, menjadikannya tempat yang sempurna untuk melihat bintang. 

Pusat Observasi Langit Tertinggi di Gunung Kinabalu, Sabah, adalah lokasi populer bagi para pengamat bintang dan astronom amatir untuk menikmati keindahan langit malam yang luar biasa.

Negara Thailand

Nama Resmi Negara Terpanjang di Dunia Nama resmi Thailand adalah "Kerajaan Thailand," tetapi itulah yang menjadi fakta unik tentang negara ini. Nama resminya dalam bahasa Thailand sebenarnya adalah "Prathet Thai," yang secara harfiah berarti "Tanah Bebas."

Baca Juga: Danau-Danau Terbesar di Dunia, Ada yang Letaknya Lintas Negara

Negara Singapura

Negara yang satu ini, merupakan negara terkecil yang ada di Asia Tenggara, namun perlu kamu tahu! Meskipun Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara namun Singapura merupakan salah satu negara paling maju dan kosmopolitan di dunia.

Adapun fakta menarik  dari negara Singapura adalah negara terkecil di Asia Tenggara. Meskipun ukurannya kecil, Singapura memiliki ekonomi yang kuat dan menarik banyak pelancong setiap tahun.

Negara Filipina

Negara Filipina dikenal sebagai negara yang memiliki banyak Pulau selain itu pulau yang ada di Filipina terkenal dengan keindahan pulau-pulaunya. 

Fakta unik tentang Filipina adalah jumlah pulau yang mencapai lebih dari 7.000, menjadikannya negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

Negara Vietnam

Rumah bagi Terowongan Guinness World Records Vietnam memiliki terowongan raksasa yang luar biasa, dikenal sebagai Cu Chi Tunnels. Terowongan ini telah diakui oleh Guinness World Records sebagai terowongan terpanjang di dunia, membentang sejauh 250 kilometer.

Baca Juga: Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara, Kenali Juga Arti, Makna dari Lambangnya

Negara Brunei

Negara yang satu ini cukup keren, karena di negara Brunei masyarakat tidak perlu membayar pajak, sebab di negara ini tidak ada pajak penghasilan hal tersebut menjadi salah satu fakta unik tentang Brunei dimana negara ini tidak mengenakan pajak penghasilan bagi warganya. Kekayaan negara ini didasarkan pada industri minyak dan gas alam yang makmur.

Negara Laos

Jika beberapa negara kaya akan pulau dan lautnya negara yang satu ini menjadi unik sebab negara ini tidak memiliki Pantai, namun negara ini memiliki banyak Sungai, Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki garis pantai. Namun, negara ini dianugerahi dengan lebih dari 4.000 kilometer sungai yang indah, termasuk Sungai Mekong yang ikonik.

Negara Kamboja

Tempat Angkor Wat yang Megah Kamboja menawarkan salah satu keajaiban dunia, Angkor Wat, candi Hindu-Buddha yang megah dan menjadi situs arkeologi terbesar di dunia. Ini merupakan tujuan wisata populer bagi para pecinta sejarah dan petualangan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Serial Sabtu Bersama Bapak yang Tayang di 240 Negara

Negara Myanmar

Negara dengan Transportasi Sungai yang Penting Meskipun memiliki transportasi darat dan udara yang berkembang, Myanmar masih mengandalkan transportasi sungai sebagai sarana utama untuk berdagang dan berhubungan dengan berbagai wilayah di negara ini.

Negara Timor Leste

Negara Termuda di Asia Tenggara Timor Leste, atau Timor Timur, adalah negara termuda di Asia Tenggara. Merdeka pada tahun 2002, negara ini masih berkembang dan menawarkan keindahan alam yang belum terjamah.

Nah itu dia sederet keunikan yang dimiliki Asia Tenggara. Menjadi kumpulan negara yang penuh dengan keajaiban dan keunikan, dari keindahan alamnya yang menakjubkan hingga kekayaan budayanya yang beragam, membuat negara-negara yang berada di Asia Tenggara memiliki fakta-fakta unik yang membuat mereka menarik untuk dieksplorasi. 

Jika kamu mencari petualangan dan penemuan, kunjungilah negara-negara ini untuk merasakan pesona dan keajaibannya sendiri. Semoga bermanfaat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini