Tips Merawat Motor Vespa Lawas Beserta Rincian Perawatan Rutinnya

Aci
Selasa 25 Juli 2023, 20:13 WIB
Melalui Piaggio, kejayaan Vespa dimulai saat Rinaldo Piaggio (20) mengambil alih bisnis ayahnya menjadi perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente, Genova, Italia pada 1884

Melalui Piaggio, kejayaan Vespa dimulai saat Rinaldo Piaggio (20) mengambil alih bisnis ayahnya menjadi perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente, Genova, Italia pada 1884

LABVIRAL.COM - Vespa merupakan skuter matik yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, Dikutip dari situs Piaggio, kejayaan Vespa dimulai saat Rinaldo Piaggio (20) mengambil alih bisnis ayahnya menjadi perusahaan pembuat alat transportasi di Sestri Ponente, Genova, Italia pada 1884. Piaggio berharap, perusahaannya Piaggio & Co bisa membuat kendaraan udara, darat, dan bisa dipakai di setiap negara.

Beragam jenis Vespa kini telah hadir, meskipun demikian jenis motor vespa lawas pun tak kalah menarik dan banyak diminati. Karena banyak yang menjadikan motor vespa lawas jadi barang antik yang memiliki harga tinggi. 

Nah, untuk kamu yang memiliki motor vespa lawas berikut ini Labviral.com punya tips merawat motor vespa lawas agar tetap aman dan nyaman digunakan.

Baca Juga: 6 Jenis Vespa yang Cukup Populer Beserta Spesifikasi dan Daftar Harganya

Bahan bakar

Untuk motor vespa lawas, sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar yang mengandung oktan tinggi. Karena bahan bakar dengan oktan tinggi dapat membuat sistem pembakaran mesin lebih sempurna, ringan dan jauh lebih efisien sehingga, tidak akan memberatkan mesin selain itu bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi juga tidak membuat tangki cepat berkarat.

Karena bila tangki berkarat lama kelamaan bisa membuat saluran pada bagian sistem pembakaran tidak dapat berfungsi secara maksimal. 

Rutin mengganti oli

Untuk menjaga mesin motor vespa tua agar tetap berfungsi dengan maksimal, pastikan kamu rutin mengganti oli mesin setidaknya sebulan sekali. Walaupun motor vespa kamu jarang digunakan kamu harus tetap rutin mengganti oli. Hal tersebut harus dilakukan karena oli akan menjadi pelumas pada mesin tua, untuk itu pastikan oli selalu diganti dengan baik ya. 

Selain itu, gunakan oli yang memiliki kualitas baik, penggunaan oli berkualitas, untuk mengurangi endapan bahan aditif dari oli agar tidak meninggalkan kerak. Sebaiknya gunakan oli samping ternama meskipun harganya sedikit mahal asalkan berkualitas dan tidak merusak mesin motor.

Selalu cek aki vespa

Untuk motor vespa yang sudah menggunakan aki, pastikan kamu melakukan pengecekan aki secara rutin. 

Perlu diingat, komponen yang satu ini memerlukan perawatan yang rutin sebab setiap kali mesin dihidupkan maka aki pun nantinya akan terisi arus listrik.

Untuk menjaga sekaligus mencegah dampak buruk tersebut maka sangat diperlukan kontrol rutin. Diperlukan pembersihan rutin pada bagian kepala aki dengan menggunakan kuas yang telah dibasahi dengan menggunakan air panas.

Baca Juga: Spesifikasi Sampai dengan Harga Vespa Primavera Skuter Matic Terbaru 2023

Pengecekan karburator

Selain aki, kamu juga harus melakukan pengecekan pada mesin karburator secara rutin, mengingat karburator paling sering menjadi kendala pada motor vespa lawas. 

Pada umumnya problem pada karburator biasanya dipicu karena komponen ini mengalami penyumbatan. Dampak negatif dari masalah ini bisa menyebabkan akselerasi pada motor vespa.

Bersihkan karburator dengan bensin dan juga rawat saluran bensin dengan meniupnya agar udara dapat tersalurkan. 

Hal ini dilakukan agar agar dapat membersihkan sela-sela karburator secara maksimal. 

Lakukan servis rutin

Seperti motor lain pada umumnya, vespa lawas juga perlu dilakukan service atau perawatan rutin. Lakukan perawatan rutin sebaiknya dua bulan sekali atau sebulan sekali. Dengan melakukan servis rutin maka diharapkan beberapa kerusakan awal langsung diketahui dan langsung dilakukan tindakan perbaikan.

Biaya Service Motor Vespa

Untuk jenis Vespa matik terbaru, kamu perlu melakukan servis berkala, adapun servis sebaiknya kamu lakukan pada setiap beberapa kilo meter yaitu di, 1.000 km, 5.000 km, dan 10.000 km.

Pada servis pertama, yaitu di 1.000 km paling tidak kamu akan mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 300 ribuan. Pada service tersebut akan dan beberapa penggantian komponen seperti filter oli (Rp40an ribu), oli mesin (Rp100—150-an ribu), oli hub (Rp50-an ribu), dan biasa servis (Rp70-am ribu).

Baca Juga: Gandeng Disney, Vespa Rilis Edisi Mickey Mouse

Untuk tahap kedua, atau saat mencapai 5.000 km biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mura. Yaitu berkisar Rp 200 ribuan saja. Karena pada tahap ini perawatan yang dilakukan ada motor vespa hanya berupa pergantian oli dan biaya service ringan. 

Sedangkan untuk tahap 10.000 km biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar yaitu, sekitar Rp700-ribuan ditambah biaya beberapa part seperti servis awal.

Untuk kedepanya, agar perawatan tidak melonjak sebaiknya kamu lakukan service secara rutin. Agar nantinya tidak ada service berat yang memakan biaya besar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini