8 Jenis Dinosaurus, Mari Mengenal Hewan Purba Mengerikan yang Pernah Menguasai Daratan Bumi

Chodijah Febriyani
Jumat 04 Agustus 2023, 06:15 WIB
8 Jenis Dinosaurus, Mari Mengenal Hewan Purba Mengerikan yang Pernah Menguasai Daratan Bumi (Sumber : Pinterest)

8 Jenis Dinosaurus, Mari Mengenal Hewan Purba Mengerikan yang Pernah Menguasai Daratan Bumi (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM - Dahulu ketika masih kecil, kamu pasti pernah mendengar cerita bahwa bumi pernah dihuni oleh sekumpulan hewan raksasa yang buas dan mengerikan.

Pada zaman itu, tak ada manusia yang hidup di bumi. Hanya ada hewan raksasa tersebut dan tumbuhan liar dan pohon-pohon yang tinggi dan besar.

Hewan besar yang dimaksud adalah dinosaurus. Secara umum, dinosaurus adalah hewan purbakala dan prasejarah. Masa hidup dinosarus berlangsung pada Mesozoikum yang terjadi 250 hingga 65 juta tahun yang lalu. Zaman itu berlangsung setelah zaman Paleozoikum dan sebelum Kenozoikum.

Baca Juga: Jenis Dinosaurus yang Muncul di Sepanjang Film Jurassic Park dan Jurassic World

Kemudian, dinosaurus mengalami kepunahan akibat peningkatan iridium yang terjadi secara mendadak. Iridium adalah unsur kimia yang sangat berbahaya dan berasal dari luar angkasa.

Jenis DinosaurusJenis Dinosaurus

Selanjutnya menurut ahli, kepunahan dinosaurus dikarenakana adanya serangan vulkanis yang terjadi pada 65 juta tahun lalu. Disebabkan sumber magma dikeluarkan dalam aliran yang cukup besar sehingga menyebar hingga 2,5 km lebih.

Maka dari itu, dari kedua hal tersebut menurut ahli itulah penyebab dinosaurus punah. Hingga saat para ahli pun dapat menemukan fosil-fosil dari beragam jenis dinosaurus yang terdapat di berbagai penjuru dunia, lho!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini