Bikin Nggak Lagi Bertanya-tanya, Ini Definisi Yudisium dan Perbedaannya dengan Wisuda di Dunia Perkuliahan

Sunardi
Sabtu 05 Agustus 2023, 14:41 WIB
Ilustrasi mahasiswa yang telah diwisuda. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

Ilustrasi mahasiswa yang telah diwisuda. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

LABVIRAL.COM - Yudisium menjadi salah satu istilah yang cukup familiar di dunia perkuliahan. Istilah tersebut muncul ketika seorang mahasiswa sedang menuju ke fase kelulusan.

Sebagai bagian dari proses akademik, yudisium biasanya menyangkut pada penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa. Pengumuman nilai seorang mahasiswa juga dilakukan dalam yudisium.

Seluruh nilai dan mata kuliah yang diambil mahasiswa sebelumnya bakal direkap. Selepas melalui proses tersebut, akan ada penetapan nilai pada transkrip akademik, sebelum memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa melalui acara yudisium.

Adanya yudisium menandakan bahwa seorang mahasiswa tidak langsung lulus, meski telah melalui ujian skripsi dan memperoleh nilai skripsi. Pasalnya, skripsi hanyalah salah satu kewajiban mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu selama kuliah.

Baca Juga: 45 Ucapan Untuk Orang Sudah Wisuda 2023, Cocok Dikirim ke Keluarga dan Sahabat

Baca Juga: Selain Wisuda TK - SMA, Pakar Bilang Program Study Tour Perlu Dihapus Juga

Apabila telah menunaikan semua kewajiban akademis di dunia perkuliahan, yudisium menjadi tahap akhir seorang mahasiswa. Yudisium bertujuan untuk menilai kelayakan mahasiswa memperoleh gelar yang diinginkan, dengan memeriksa persyaratan yang ditetapkan.

Lantaran menjadi bagian dari rangkaian akademis dunia perkuliahan, yudisium bakal dilaksanakan sebelum prosesi wisuda. Setiap kampus punya jadwal masing-masing untuk mengadakan yudisium.

Umumnya, yudisium digelar sekurang-kurangnya 1 kali dalam 1 bulan. Pelaksanaan yudisium dihelat oleh fakultas/jurusan/program studi. Nantinya, hasil dari yudisium akan dilaporkan ke birokrasi kampus yang lebih tinggi, seperti rektor atau wakil rektor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini