Tips Memenuhi Standar Gizi Selama Puasa ala Dosen Unsoed

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 08 Maret 2024, 10:38 WIB
Ilustrasi - tips memenuhi gizi selama puasa (Sumber : HO Humas Unsoed)

Ilustrasi - tips memenuhi gizi selama puasa (Sumber : HO Humas Unsoed)

LABVIRAL.COM - Artikel ini akan membahas tips memenuhi standar gizi selama berpuasa.

Puasa sering dikaitkan dengan perubahan pola makan, jika bulan biasa kita direkomendasikan untuk konsumsi tiga kali makan berat dan dua kali makan selingan dalam satu hari. Namun saat puasa, ada dua atau tiga kali waktu konsumsi makanan yaitu saat sahur, saat buka puasa dan saat makan malam.

“Pola makan kita saat bulan puasa harus benar-benar diperhatikan karena ketika berpuasa kebutuhan gizi tetap sama seperti hari biasa, namun waktu terbatas untuk mendapat asupan gizi. Dengan memperhatikan hal tersebut kita harus memastikan agar tubuh kita tetap tercukupi kebutuhan gizinya dan fit dalam menjalani hari-hari,” jelas Indah Nuraeni, S.TP., M.Sc., Kajur Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Baca Juga: Tips Puasa Agar Tidak Lemas ala Nabi Muhammad, Dijamin Kuat Sampai Magrib

Ditemui di kediamannya Kamis (08/03/24), Indah memaparkan tentang sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengaitkan puasa Ramadhan dengan perubahan metabolisme yang baik serta mengurangi risiko penyakit kronis.

Secara umum, orang cenderung kehilangan sekitar satu kilogram berat badan selama Ramadhan. Namun dapat juga muncul kecenderungan untuk berat badan yang bertambah, apabila makan berlebihan saat berbuka puasa.

Memang benar berbuka puasa itu harus dengan yang manis, namun bukan dengan yang manis-manis. Karena tujuan berbuka puasa adalah mengembalikan cairan tubuh dan menormalkan kadar glukosa darah yang sudah mulai menurun.

Baca Juga: Jadwal Libur Puasa dan Lebaran 2024 untuk Anak Sekolah Berdasarkan Kalender Pendidikan

Lebih lanjut, Indah memberikan beberapa tips untuk memenuhi kebutuhan gizi selama puasa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini