Tips Diet Aman di Bulan Puasa Agar Berhasil Mendapatkan Tubuh Ideal

Aci
Kamis 07 Maret 2024, 11:33 WIB
Died pada bulan puasa

Died pada bulan puasa

Labvral.com - Bulan puasa menjadi salah satu momen yang sering dimanfaatkan oleh para pejuang diet, karena pada bulan tersebut pula banyak orang yang akan melakukan ibadah puasa berupa tidak makan ataupun minum selama 13 sampai 14 jam.

Kesempatan tersebut tentu saja menjadikan momentum diet akan semakin mudah, tapi apakah aman jika diet saat sedang berpuasa?

Dilansir dari YouTube Halodoc, berikut penjelasan terkait bolehkan diet ketika sedang berpuasa? Yuk disimak!

Baca Juga: 4 Cara Intermittent Fasting untuk Pemula, Metode Diet yang Sukses Kuruskan Tika Panggabean

Saat puasa baik pada bulan puasa Ini kita bisa tetap menjalankan pola diet tetapi sebaiknya kita menghindari pola diet yang bersifat ekstrim karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh di bulan puasa.

Adapun tips untuk berpuasa dengan aman yaitu, dengan cara perbanyak asupan karbohidrat kompleks dan juga buah dan sayur sebagai sumber serat. Selain itu jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan hidrasi kita kemudian hindari juga makanan yang mengandung kadar lemak tinggi seperti yang makanan digoreng atau di santan dan juga mengandung kadar gula tinggi.

Kemudian tetap lakukan aktivitas fisik dan olahraga yang berintensitas ringan hingga sedang menjelang waktu berbuka atau Setelah berbuka.

Untuk pemilihan menu diet pada saat puasa Kita bisa mulai dari bahan makanan yaitu untuk menu sahur dan berbuka Pilihlah dengan sumber karbohidrat yang bersifat Kompleks Misalkan seperti nasi merah, roti gandum, kentang maupun oatmeal.

Baca Juga: Apa Itu Diet Intermittent Fasting yang Sukses Turunkan Berat Badan Tika Panggabean?

Kemudian kita bisa pilih lauk pauk yang tinggi protein namun rendah lemak misalkan seperti dada ayam tanpa kulit putih telur tahu tempe maupun kacang-kacangan kemudian perbanyak juga konsumsi buah dan sayur disarankan adalah 5-10 porsi per harinya.

Kemudian masaklah tanpa digoreng atau di santan tetapi Pilihlah dengan cara dibakar, dipanggang, direbus dikukus ataupun di pepes.

Kemudian cukup juga hidrasi terutama pada saat berbuka untuk menghindari makan secara berlebih dan jika anda memiliki kebiasaan untuk minum susu Pilihlah Jenis susu dengan kadar lemak yang lebih rendah.

Baca Juga: 4 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cocok Buat Kamu yang Ingin Diet

Bagaimana pengaturan asupan saat sahur dan berbuka bagi yang diet sebaiknya yang pertama kita lakukan dulu perencanaan menu utamakan menu yang bisa dimasak sendiri supaya Anda bisa memilih sendiri bahan makanan porsinya dan cara memasaknya kemudian gunakan ukuran piring dengan ukuran yang lebih kecil dan pakanlah secara perlahan kemudian minumlah segelas air putih.

Sebelum anda berbuka untuk mencegah makan secara berlebih dan yang terakhir adalah pilih makanan dengan kadar indeks glikemik yang lebih rendah.***

 

Sumber: YouTube (Halodoc)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini