Apa Bedanya Break Sama Putus? Ini Penjelasan Lengkapnya

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 29 Maret 2023, 23:39 WIB
Ilustrasi, pasangan putus cinta.

Ilustrasi, pasangan putus cinta.

LABVIRAL.COM - Break dalam pacaran kadang dibutuhkan untuk kedua belah pihak saling introspeksi diri. Apalagi jika cekcok maupun perdebatan terkesan alot dan selalu itu-itu saja masalahnya. Namun, ada yang menyamakan break dengan putus. Nah, jadi apa bedanya break dan putus?

Break juga memiliki arti mengambil jeda atau jarak dalam hubungan. Agar keduanya sama-sama berpikir jenih tentang tujuan hubungan pacaran selama ini.

Break bukan berarti putus, break hanyalah berpisah sementara karena kedua pihak sama-sama tidak ingin putus. Namun keduanya merasa buntu dengan masalah yang tengah dihadapi.

Baca Juga: Kisah Dipindahkannya Kiblat dari Palestina ke Makkah pada Bulan Syakban

Perbedaan Break dan Putus

Beda break dan putus (freepik.com)

Dalam bahasa break atau break up berbeda dari putus atau broke up. Dalam hubungan percintaan ada beberapa definisi beda break dan putus, sebagai berikut:

- Keputusan break masih memiliki dua kemungkinan, yaitu melanjutkan hubungan atau putus permanen. Sedangkan putus artinya memilih mengakhiri hubungan.

- Break artinya hubungan percintaan belum resmi berakhir. Sementara itu, putus berarti hubungan percintaan sudah resmi berakhir.

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Romantis, Bisa Bikin Pasanganmu Salting

- Hubungan break memiliki jangka waktu tertentu yang disepakati berdua. Sedangkan putus artinya hubungan tersebut sudah selesai pada hari itu juga.

- Hubungan break artinya belum memiliki kejelasan. Sedangkan putus berarti sudah jelas dan pasti hubungan telah berakhir.

- Break artinya masih memiliki komitmen dengan pasangan sehingga sebaiknya tidak menjalin hubungan dengan orang lain. Sementara itu, putus berarti komitmen dengan pasangan sudah benar-benar selesai sehingga dapat menjalin hubungan dengan orang lain.

Baca Juga: Jadwal Imsak Lingga 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Lingga Ramadhan 2023

Manfaat Break

Beda break dan putus (freepik.com)

Jangan salah, meskipun kelihatannya keputusan tidak baik. Namun, break juga memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaatnya?

-Menikmati waktu sendiri

Bersama dalaham hubungan dengan seseorang bisa saja membuat kamu jenuh atau lebih sensitif. Sehingga masalah seperti tak ada habisnya. Nah, di momen break ini kamu bisa menikmati sejenak waktu untuk diri sendiri sambil mencari jawaban mau dibawa ke mana hubunganmu dengan pacar.

- Ajang introspeki diri

Selama proses break coba pikirkan dalam-dalam apa maumu dan mau doi. Apakah masih selaras atau tidak. Pikirkan kesalahan masing-masing, mana yang masih bisa diperbaiki dan mana yang masih bisa dimengerti agar setelah break hubungan ke depan lebih baik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini