Profil dan Kisah Hidup Inspiratif Buya Hamka yang Layak Diteladani

Sunardi
Senin 17 April 2023, 18:01 WIB
Sosok Buya Hamka yang menginspirasi. (Sumber : Twitter/@Racunfilm)

Sosok Buya Hamka yang menginspirasi. (Sumber : Twitter/@Racunfilm)

LABVIRAL.COM - Siapa yang tak kenal dengan Buya Hamka? Seorang dengan nama asli Abdul Malik Karim Amrullah tersebut merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama. Ia juga dikenal sebagai tokoh Masyumi dan ulama Muhammadiyah.

Pria kelahiran Sungai Batang, Sumatera Barat 17 Februari 1908 ini juga dikenal sebagai tokoh ulama besar yang gigih dalam membela Islam. Salah satu karakter khas dari Hamka yakni ia sangat tegas dalam hal akidah, dan terkenal tanpa kompromi.

Selain perkara tegas, Hamka juga dikenal sebagai seorang penulis. Salah satu karya novelnya yang terkenal yakni Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Bahkan, novel tersebut diangkat ke layar lebar dengan judul sama.

Baca Juga: 3 Pesan Muhammadiyah Yogyakarta tentang Idulfitri 1444 H yang Jatuh pada 21 April 2023

Baca Juga: Idul Fitri Muhammadiyah 21 April 2023, Kalau Ada Perbedaan Waktu Jangan Dibesar-besarkan

 

Kehidupan Buya Hamka

Buya Hamka sejak kecil sudah hidup dengan bayang-bayang nama besar ayahnya, Abdul Malik Amrullah. Dari sosok ayahnya itulah membuat Hamka pada masa remaja dipenuhi dengan hal-hal berbau perjuangan.

Buya Hamka lahir pada sebuah zaman yang terdapat pertentangan kaum muda dan kaum tua. Hamka lahir di era masa pergerakan nasional yang mulai tumbuh.

Memasuki usianya yang kesepuluh, ayah Hamka mendirikan pondok pesantren Sumatera Thawalib di Padang Panjang. Dari pendidikan di pondok pesantren inilah Hamka menyaksikan ayahnya menyebarkan paham dan keyakinannya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini