Sejarah Ketupat, Makanan Khas Lebaran yang Menjadi Media Dakwah Sunan Kalijaga

Sunardi
Jumat 21 April 2023, 13:36 WIB
Ketupat Hidangan Wajib Di Hari Lebaran, Simak Cara dan Tips Memasaknya Dijamin Anti Gagal! (Sumber : Instgaram/@tanjungdhimasbintoro)

Ketupat Hidangan Wajib Di Hari Lebaran, Simak Cara dan Tips Memasaknya Dijamin Anti Gagal! (Sumber : Instgaram/@tanjungdhimasbintoro)

LABVIRAL.COM - Siapa yang sudah makan ketupat di momen lebaran 2023 ini? Ya, makanan khas tersebut memang sangat identik dengan perayaan hari raya lebaran.

Ketupat di Indonesia memang sudah ada sejak lama. Makanan ini sudah menjadi bagian dari tradisi di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satunya, tradisi makan ketupat sendiri selalu identik dengan perayaan Idulfitri. Jika ditelusuri lebih jauh, keberadaan ketupat yang selalu lekat dengan perayaan Idulfitri ini sudah ada sejak zaman Wali Songo.

Beberapa sumber menyebut bahwa keberadaan ketupat juga menjadi salah satu simbol hari raya umat Islam pada masa Kerajaan Demak. Pada masa pemerintahan yang dipimpin oleh Raden Patah pada abad ke-15 itu, ketupat sudah populer diproduksi.

Selain itu, keberadaan ketupat memang menjadi simbol dan identitas masyarakat pesisir. Apalagi dengan banyaknya pohon kelapa, tentu pembuatan ketupat sangat banyak dijumpai.

Baca Juga: Lirik dan Sejarah Lagu Gugur Bunga Yang Membuat Trenyuh

Baca Juga: Sejarah Sidang Isbat di Indonesia untuk Menentukan Hari Raya Idul Fitri

Baca Juga: Tradisi Pedang Pora dalam Pernikahan Prajurit Militer! Mari Mengenal Makna, Sejarah Hingga Biayanya


Ketupat dan Dakwah Islam

Salah satu Wali Songo yang memanfaatkan ketupat sebagai sarana jalur dakwah adalah Sunan Kalijaga. Dengan menggunakan medium ketupat, Sunan Kalijogo menggunakannya untuk semakin dekat dengan masyarakat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini