Berat Badan Naik Setelah Lebaran, Langkah Berikut Membuat Bobot Tubuhmu Kembali Semula

Aci
Rabu 26 April 2023, 16:47 WIB
Ilustrasi menurunkan berat badan (Sumber : Pixabay.com/Gesina)

Ilustrasi menurunkan berat badan (Sumber : Pixabay.com/Gesina)

LABVIRAL.COM - Momen Lebaran akan dipenuhi dengan segala jenis makanan, mulai dari rendang, opor, ketupat, kue Lebaran sampai dengan berbagai cemilan.

Setelah berpuasa satu bulan penuh, tak jarang ketika momen Lebaran tiba, makanan yang ada akan habis digasak, tanpa peduli berat badan.

Tiba - Tiba perut membuncit, berat badan bertambah karena makan terus-menerus.

Untuk kamu yang mengalami berat badan naik, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut ini, agar tumbuh kamu kembali seperti semula.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Sewu Dino, Karina Suwandi Pemeran Mbah Karsa Turun Berat Badan 7 Kilogram

Apa saja, Yuk disimak tips dari Labviral.com berikut ini!

Olahraga

Tentu saja, cara pertama untuk mengembilkan berat dan bentuk tubuh seperti sedia kala adalah kamu harus rajin dan rutin berolahraga. 

Setelah melewati masa Lebaran, jadwalkan diri kamu untuk tetap berolahraga seperti jogging, angkat beban, senam, squad, sit up atau bisa bermain basket dengan teman-temanmu. 

Selain itu, aktivitas olahraga ini juga bisa mengencangkan otot serta menjaga metabolisme tubuh. Yuk, list waktu olahraga kamu, bisa kamu lakukan tiga (3) kali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Artis Rela Naikkan Berat Badan demi Peran, Termasuk Marshanda

Perbanyak makan sayur

Setelah mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak, untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, kamu harus mulai membiasakan untuk mengkonsumsi sayuran.

Adapun sayuran yang sebaiknya kamu konsumsi adalah brokoli, bayam, sawi, salada, tauge, dan lainnya. Sayur-sayur itu bisa dimasak dengan cara ditumis atau direbus, bahkan ada pula yang dimakan mentah, misalnya salada.

Selain ditumis, kamu bisa menambahkan saus kacang, saus mayonaise hingga saus mustard untuk menambah nafsu makan. 

Untuk kamu yang nggak suka sayur, sebagai alternatifnya adalah sayuran bisa dijadikan jus dan dicampur buah agar nikmat.

Baca Juga: Kehilangan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran? Berikut 5 Cara Menanganinya

Konsumsi Buah-buahan

Tak hanya sayuran saja, kamu juga perlu untuk mengkonsumsi buah. Buah apapun boleh kamu konsumsi, lho. Jeruk, pepaya, apel, alpukat, bengkuang, jambu, adalah contoh buah yang dapat kamu konsumsi.

Buah-buah yang kaya akan serat biasanya membuat kenyang lebih lama, terlebih lagi supaya menghindarkan tubuh dari keinginan mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung gula seperti kue-kue kering atau jajanan lain.

Stop makanan berlemak

Setelah rutin berolahraga dan mengkonsumsi sayuran juga buah-buahan, kamu wajib mengontrol makanan yang kurang sehat.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran

Stop makanan yang mengandung lemak berlebih, ganti makanan protein daging menjadi ikan dan dimasak tak menggunakan santan. Bisa diganti dengan cara digoreng atau dibuat sup.

Mengonsumsi makanan yang rendah lemak juga bisa mengurangi kolesterol dan risiko obesitas juga, lho. Makanan ini sangat baik untuk tubuh kamu.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini