Trending Akibat Konser BLACKPINK, Apa Itu FOMO?

Aprilia
Selasa 14 Maret 2023, 16:28 WIB
Ilustrasi FOMO (Sumber: Freepik.com)

Ilustrasi FOMO (Sumber: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Istilah fomo menjadi trending topic di Twitter, Senin (14/3). Banyak netizen mencuitkan kata FOMO dikaitkan dengan konser girlband Asal Korea, BLACKPINK pada 11-12 Maret kemarin.

"Everyone's stories it just blackpink (cerita semua orang hanyalah blackpink), FOMO banget," tulis salah seorang netizen di Twitter yang langsung ramai mendapat balasan.

Cuitan lain menuliskan jika tidak sedikit orang ingin melihat konser BLACKPINK tapi sebenarnya tidak mengetahui lagu dari girlband  tersebut.

"Rill nder bahkan kemarin aku liat orang yang mau liat blackpink tapi nggak tau lagunya, kek kasian yang bener2 blink pengen nonton tapi nggak bisa karna kalah war sama orang2 yang cuma pengin buat fomo, ya emang duit mereka sih tapikaan ya beggitu deh," kata netizen itu ditutup dengan emoticon nangis.

Lalu apa sih pengertian istilah FOMO?

Ilustrasi fomo

Dilansir dari USAToday, FOMO merupakan singkatan dari Fear of Missing Out, yaitu kondisi di mana seseorang merasa cemas bahkan sampai takut apabila ketinggalan sesuatu yang merujuk pada trend.

Orang yang mengalami FOMO akan berusaha mengetahui apa yang dilakukan oleh orang lain dan bahkan memaksakan diri untuk mengikutinya.

Dampak FOMO

Fenomena FOMO memiliki beragam dampak negatif lho. Berikut ini di antaranya:

  • Orang yang mengalami FOMO akan mudah depresi, sudah tidur, cemas, berkurangnya kontrol emosi, perilaku menyimpang, hingga menurunkan kesehatan fisik.
  • FOMO akan memicu gaya hidup konsumtif dan hedon. Kamu mampu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak semestinya.

Ilustrasi fomo

Cara Mencegah FOMO

Nggak bisa dipungkiri bahwa akses sosial media banyak memiliki pengaruh dalam kehidupan. Jeleknya, jika tidak pandai menyaring informasi yang ada kamu bisa saja terjerumus ikutan trend yang kurang baik.

Nah, cara mencegah atau menghindari FOMO, antara lain:

1. Batasi Penggunaan Sosial Media

Update berita atau kabar memang bagus untuk pengetahuan. Namun sesekali menjadi tak apa-apa mengikuti trend juga nggak ada salahnya kok. Toh itu cuma trend, bukan kebutuhan. Karena jika kamu berlebihan mendapat paparan sosial media yang memberikan informasi-informasi tak penting, kamu justru akan lebih mudah depresi dan membandingkan hidupmu dengan orang lain.

2. Lebih Sering Melakukan Aktivitas nyata

Jangan hanya fokus mencari followers atau aktif di sosial media. Memiliki kehidupan nyata jauh lebih penting dari mengikuti trend di sosial media. Lakukan aktivitas-aktivitas nyata seperti mengobrol dengan teman.

3. Kendalikan Diri

Kamu harus bisa fokus mengendalikan diri atas arus informasi yang begitu cepat. Jangan mudah terpengaruh, dan lakukan aja apa kepentinganmu tanpa takut ketinggalan kehidupan yang hype.

Nah itulah penjelasan FOMO dan bagimana cara menghindarinya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkini