Ini Makna Lirik Lagu Indonesia Raya yang Mendalam, Ciptaan WR. Supratman

Andi Syafriadi
Rabu 10 Mei 2023, 22:15 WIB
Lirik Lagu Indonesia Raya yang Jadi Lagu Kebangsaan bagi Negara Indonesia (Sumber : Pinterest)

Lirik Lagu Indonesia Raya yang Jadi Lagu Kebangsaan bagi Negara Indonesia (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM - Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Indonesia yang dinyanyikan dalam upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih.

Pencipta lagu Indonesia Raya adalah Wage Rudolf Supratman atau lebih dikenal sebagai W.R. Supratman.

Diman W.R. Supratman menciptakan lagu Indonesia Raya pada tahun 1926 setelah membaca tantangan menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang dimuat oleh majalah Timboel.

Menurut Ditjen Kebudayaan Kemdikbud dalam buku Merayakan Indonesia Raya (2016) lagu Indonesia Raya pertama kali dibawakan W.R. Supratman di hadapan hadiri Kongres Pemuda Kedua dan dibawakan dalam bentuk komposisi musik instrumental biola.

Baca Juga: Lirik Lagu Sang Dewi Ciptaan Titi DJ Enak Banget Didenger Nih Guys!

Pada saat itu, lagu Indonesia Raya dilarang oleh pemerintah Belanda karena dianggap dapat membangkitkan semangat juang yang membahayakan pemerintahan resmi.

Makna Lagu Indonesia Raya

Menurut Wisnu Mintargo, dkk dalam Kontinuitas dan Perubahan Makna Lagu Kebangsaan Indonesia Raya (2012), makna yang terkandung dalam lagu Indonesia Raya bersifat konstruktif dan membangun bangsa.

Lagu Indonesia Raya memberikan semangat dan makna bahwa Indonesia memiliki harapan untuk bangkit dari penjajahan dan meraih kemerdekaannya.

Menurut F.X. Nugroho dalam Analisis Struktur Lirik Lagi “Indonesia Raya” Ciptaan W.R Supratman (2005), lagu Indonesia Raya memiliki makna mengajari seiap warga negara untuk mencintai tanah airnya dan memberikan yang terbaik bagi bangsanya demi kejayaan bangsa dan negara.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini