Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kurban Setengah Matang?

Aprilia
Rabu 14 Juni 2023, 09:22 WIB
Ilustrasi makan daging (freepik.com/)

Ilustrasi makan daging (freepik.com/)

LABVIRAL.COM - Umat Islam sebentar lagi akan merayakaan hari raya kurban alias Idul Adha pada 29 Juni 2023. Di momen ini biasanya umat Islam akan mendapat bagian daging kurban dari masjid. 

Meski daging menjadi salah satu makanan sumber protein, vitamin dan mineral. Namun khususnya bagi ibu hamil harus memperhatikan cara pengolahan dagingnya. 

Ada beberapa dokter memperbolehkan ibu-ibu hamil mengkonsumsi daging merah seperi daging kambing dan sapi. Namun harus diperhatikan benar tingkat kematangannya.

Melansir dari Healthline, pasalnya daging yang belum matang atau setengah matang bisa mengandung bakteri berbahaya yang menyebabkan keracunan makanan akibat infeksi bakteri salmonella (salmonellosis).

Selain itu, ibu hamil yang makan daging mentah juga berisiko mengalami toxoplasma yang bisa menjadi pemicu keguguran, bayi cacat intelektual, kebutaan, dan epilepsi. 

Di samping itu perhatikan pula jenis olahan daging bagi ibu hamil. Hindari mengkonsumsi daging bakar, seperti sate-satean. Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi daging dengan jenis olahan lain dan pastikan harus benar-benar matang sempurna.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Mom

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?

Rabu 07 Juni 2023, 09:22 WIB
Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil?
Mom

5 Cara Meredakan Sakit Punggung Saat Hamil

Selasa 06 Juni 2023, 19:36 WIB
5 Cara Meredakan Sakit Punggung Saat Hamil
Berita Terkini