Jangan Marahi Istri Hamil Tidur Siang, Pahami Dulu Manfaatnya Bro

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 21:20 WIB
Ilustrasi ibu hamil. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi ibu hamil. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Terkadang, ada perasaan bersalah atau tanggapan tidak enak dari anggota keluarga lain, saat mengetahui seorang ibu hamil menghabiskan siangnya dengan tidur-tiduran. Walaupun setiap bangun, badan sang ibu hamil terasa segar, rasa bersalah dan stress kerap melanda. 

Dikutip Labviral.com dari John Hopkins Medicine, ibu hamil cenderung mengalami insomnia, karena tidak nyaman saat tidur di malam hari. Ini membuat ibu hamil tidur siang di keesokkan harinya.

Berdasarkan penelitian dari National Sleep Foundation, para ibu hamil mengalami masalah tidur 2-3 malam setiap minggunya. Ini dikarenakan posisi tidur yang kurang nyaman seiring usia kehamilan yang tua, terutama di trimester ketiga.

Baca Juga: Tunda Pekerjaan hingga Berpikir Negatif Bisa Merusak Pagi Harimu

Oleh karena itu, ibu hamil jangan dulu merasa tidak enak dan menganggap diri bermalas-malasan, atau menyindir ibu hamil pemalas karena tidur siang. Sebab, sebenarnya ada banyak manfaat tidur siang untuk ibu hamil.

Dilansir Labviral.com dari laman Kidspot, ibu hamil justru harus tidur siang, karena ibu hamil yang tidur siang lebih kecil kemungkinannya melahirkan bayi dengan berat lahir rendah. Masih berdasarkan laman yang sama peneliti asal Cina menganalisis lebih dari 10.000 wanita berusia 15-50 tahun, lalu menanyakan tentang kebiasaan tidur mereka saat hamil.

Isi penelitian menggembirakan, data mengungkapkan wanita yang tidur sekitar satu jam hingga satu setengah jam di siang  hari, memiliki peluang 29 persen lebih kecil memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah, di bawah 2,5 kg.

Baca Juga: Atasi Bau Mulut dengan Konsusmi Yoghurt

Tidak hanya bermanfaat bagi berat badan sang cabang bayi, ibu hanil juga disarankan untuk tidur siang lima hingga tujuh hari per minggu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini