Pengertian Kurikulum Merdeka Hingga Sistem Nilai Berlaku di Waktu Ajaran Baru

Annisa Fadhilah
Selasa 11 Juli 2023, 20:15 WIB
Pengertian Kurikulum Merdeka Hingga Sistem Nilai Berlaku Di Waktu Ajaran Baru (Sumber : sman2jogja.sch.id)

Pengertian Kurikulum Merdeka Hingga Sistem Nilai Berlaku Di Waktu Ajaran Baru (Sumber : sman2jogja.sch.id)

LABVIRAL.COM - Diketahui, pada tahun ini, pembelajaran jenjang SD, SMP, SMA akan memberlakukan Kurikulum Merdeka atau juga disebut Merdeka Belajar.

Kurikulum ini diluncurkan secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim pada Februari 2022 untuk menggantikan Kurikulum 2013.

Dikutip dari laman kemendikbud.go.id, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler (tatap muka) yang beragam, di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sekolah Mengemudi di Jakarta Pusat, Lengkap dengan Tips Mengemudi untuk pemula

Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dan dukungan bagi pendidik dalam bergotong royong menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan.

Inti dari Kurikulum Merdeka adalah Merdeka Belajar, yaitu konsep yang dibuat agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya masing-masing.

Jika sebelumnya di Kurikulum 2013 peserta didik harus mempelajari semua mata pelajaran di tingkat TK hingga SMP dan akan dijuruskan menjadi IPA/IPS di tingkat SMA, lain halnya dengan Kurikulum Merdeka.

Di Kurikulum Merdeka, peserta didik tidak akan lagi ‘dipaksa’ untuk mempelajari mata pelajaran sesuai penjuruan, yang bukan menjadi minat utamanya.

Peserta didik bisa dengan merdeka memilih materi yang ingin dipelajari sesuai minat masing-masing. Ini dia yang dimaksud dengan konsep Merdeka Belajar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini