Amankah Sabuk Pengaman Mobil untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya

Annisa Fadhilah
Rabu 20 September 2023, 19:52 WIB
Amankah Sabuk Pengaman Mobil untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya (FOTO: Freepik/senivpetro)

Amankah Sabuk Pengaman Mobil untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya (FOTO: Freepik/senivpetro)

LABVIRAL.COM - Setiap ibu hamil dianjurkan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman saat bepergian dengan mobil, bahkan jika perjalanan yang diambil tidak terlalu jauh. Alasannya adalah karena penggunaan sabuk pengaman dapat mengurangi risiko cedera serius jika terjadi kecelakaan.

Namun, dengan perut yang semakin membesar, beberapa ibu hamil mungkin merasa kurang nyaman menggunakan sabuk pengaman karena tekanannya pada perut. Jadi, apakah benar-benar aman bagi ibu hamil untuk menggunakan sabuk pengaman?

Menurut laman American Family Physician, penggunaan sabuk pengaman sebenarnya aman selama kehamilan. Ketika dipasang dengan benar, sabuk pengaman tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil apalagi membahayakan janin di dalam kandungan.

Pentingnya menggunakan sabuk pengaman bagi ibu hamil

Tidak hanya untuk mencegah cedera pada ibu hamil, menggunakan sabuk pengaman saat hamil memiliki signifikansi besar, karena memberikan manfaat-manfaat berikut:

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Honda Air Blade 160 yang Bikin Yamaha Aerox 155 Ketar Ketir!

  1. Menjaga agar ibu hamil tetap berada di dalam mobil dan tidak terlempar keluar saat terjadi benturan keras.
  2. Melindungi kepala dan bagian atas tubuh dari benturan dengan bagian depan mobil, khususnya jika ibu hamil duduk di kursi depan.
  3. Mengurangi risiko cedera pada pinggul dan tulang belakang.
  4. Penggunaan sabuk pengaman saat berkendara juga dapat mengurangi risiko kematian janin dalam kandungan saat terjadi kecelakaan.

Cara menggunakan sabuk pengaman dengan benar

Agar terhindar dari cedera pada ibu hamil dan janin selama perjalanan, penting untuk menggunakan sabuk pengaman dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah yang benar:

Pengikat pinggang

Pastikan tali pengikat pinggang berada di bawah perut ibu hamil. Jangan biarkan tali ini melewati perut atau menekannya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko cedera pada organ di dalam perut akibat tekanan dari sabuk saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Tips Ampuh Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan, Dijamin Anti Licin

Pengikat bahu

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini