Bumil Banyak Minum Kopi Berisiko Anak Bertubuh Pendek

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:33 WIB
Ilustrasi ibu hamil. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi ibu hamil. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Minum kopi adalah jalan ninja untuk menahan kantuk. Tetapi, ibu hamil tidak disarankan untuk minum kopi, ya! Sebab akan berisiko bagi sang buah hati di dalam kandungannya.

Menurut studi dari Journal of American Medical Association (JAMA), sebagaimana dikutip oleh Labviral.com, menemukan bahwa anak-anak yang terpapar kafein saat berada di dalam kandungan berisiko akan bertubuh pendek dari pada anak-anak dari ibu yang tidak mengonsumi kopi saat hamil.

Studi yang mengamati data dari dua kelompok ibu hamil yang diukur selama trimester pertama mereka. 

Baca Juga: 5 Langkah Menghentikan Diare Tanpa Obat

Pada kelompok pertama, menunjukkan 788 anak dari wanita minum kopi sekitar 36 miligram (setara setengah cangkir) per/hari memiliki anak lebih pendek sekitar 1,5 sentimeter pada usia tujuh tahun dibandingkan anak dari wanita yang tidak mengonsumsi kafein. 

Sementara, pada kelompok kedua yang ibunya mengonsumsi kafein setara dengan dua cangkir kopi per/hari melahirkan anak lebih pendek 0,68 sentimeter hingga 2,2 sentimeter antara usia empat dan delapan tahun. 

Perbedaan tinggi badan ini dimulai pada usia empat tahun dan kesenjangan melebar setiap tahunnya sampai anak berusia delapan tahun. 

Baca Juga: Kenali! Ini 7 Ciri-ciri Campak pada Anak

"Temuan kami menunjukkan bahwa konsumsi kafein bagi ibu hamil dikaitkan dengan penurunan tinggi badan anak dalam jangka panjang. Hubungan ini terjadi bahkan dengan ibu yang mengonsumsi kafein di bawah rekomendasi saat ini 200 mg per/hari," kata peneliti dilansir dari Insider.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini