Pewarna Makanan Merah Bisa Picu Masalah Kesehatan Usus

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:23 WIB
Ilustrasi, kandungan berbahaya zat pewarna.

Ilustrasi, kandungan berbahaya zat pewarna.

LABVIRAL.COM - Banyak sekali jenis makanan dengan pewarna buatan yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi tubuh, seperti mengganggu masalah pencernaan.

Sebuah studi dari penelitian McMaster University mengungkapkan pewarna makanan merah dapat menyebabkan penyakit radang usus, temuan ini dipublikasikan di Nature Communications.

Pewarna makanan merah atau dikenal Allura Red dapat ditemukan di berbagai makanan, seperti permen, minuman ringan, sereal, jelly dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Daun Sirih Bisa Redakan Hidung Mimisan?

Dilansir Labviral.com dari laman WebMD, hasil dari penelitian tersebut menyebutkan jika seseorangan mengonsumsi pewarna tersebut dalam jangka panjang, dapat mengganggu fungsi usus yang lebih tinggi.

Pewarna makanan ini kerap digunakan untuk menarik perhatian anak-anak. Namun, Allura Red ini juga dapat memicu terjadinya masalah pencernaan seperti radang usus dan penyakit Crohn.

"Studi ini menunjukkan efek berbahaya yang siginfikan dari Allura Red pada kesehatan usus," jelas Waliul Khan, profesor di Departemen Patalogi dan Kedokteran Molekuler McMaster.

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Ini Khasiat Jamu Beras Kencur yang Jarang Diketahui

"Apa yang kami temukan sangat mengkhawatirkan, karena pewarna makanan sintesis ini umumnya menjadi pemicu penyakit peradangan susu," tambahnya. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini