Mitos atau Fakta, Daun Sirih Bisa Redakan Hidung Mimisan?

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:21 WIB
Ilustrasi, daun sirih mampu redakan hidung mimisan

Ilustrasi, daun sirih mampu redakan hidung mimisan

LABVIRAL.COM -  Daun sirih sudah lama dikenal sebagai salah satu obat herbal yang berguna untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Bahkan, daun sirih identik sebagai daun yang sering kali dikunyah oleh para lansia zaman dulu untuk mendapatkan manfaat menyehatkan gigi.

Bagi yang belum tahu, daun sirih termasuk sebagai jenis tanaman dengan kandungan air yang cukup banyak. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 85 persen kandungan daun sirih adalah air, sehingga membuatnya memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah.

Pada setiap 100gr daun tersebut, kandungan kalorinya hanya sebanyak 44 kalori, serta terdiri dari 0,4 hingga 1 persen saja lemak. 

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Ini Khasiat Jamu Beras Kencur yang Jarang Diketahui

Tidak hanya itu, daun sirih juga mengandung beragam nutrisi lain yang penting dibutuhkan oleh tubuh, seperti, protein, iodin, sodium, vitamin A, B1, B2, dan asam nikotinat.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun sirih yang memiliki beragam kandungan gizi tersebut?

Untuk lebih jelasnya, simak 10 manfaat daun sirih untuk kesehatan yang dilansir dari laman www.cermati.com, sebagaimana dikutip Labviral.com

1. Bantu Kontrol Kadar Gula pada Pasien Diabetes Tipe 2

Berdasarkan sebuah penelitian, meminum air rebusan dari daun sirih, maupun mengonsumsi daun sirih yang sudah dikeringkan dan dijadikan bubuk diyakini mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Khasiat ini tentu amat berguna bagi pasien diabetes tipe 2. 

Baca Juga: Gampang, Gak Perlu Ribet! Berikut Cara Buat Jamu Beras Kencur

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini