Gampang! Resep Jamu Kunyit Asam Anti Ribet

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:03 WIB
Ilustrasi, resep jamu kunyit asam

Ilustrasi, resep jamu kunyit asam

LABVIRAL.COM - Mengkonsumsi jamu tradisional memiliki banyak khasiat, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Di Indonesia sendiri banyak jenis jamu tradisional yang cukup populer.

Adapun salah satu yang cukup populer yaitu jamu kunyit asam. Saat ini bahkan banyak orang yang membuat kunyit asam untuk diperjual belikan, dikemas dengan semenarik mungkin dan ditambah dengan berbagai bahan lainnya.

Jamu kunyit asam  sendiri populer di Indonesia karena memiliki cita rasa yang asam manis dan menyegarkan. Jamu ini juga dipercaya memiliki khasiat yang cukup banyak, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Seperti, kecantikan, kulit, mencerahkan mengurangi jerawat, mencegah kanker, sampai dengan kekebalan imun pada tubuh.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Luar Biasa Jamu Kunyit Asam

Untuk kamu yang ingin mengkonsumsi jamu kunyit asam, kamu gak melulu harus beli lho! Kamu bisa membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah, terlebih karena bahan-bahan untuk membuat jamu beras kencur sangat mudah ditemukan.

Selain itu, cara membuatnya juga sangat mudah. Berikut ini Labviral.com siapkan cara membuat jamu kunyit asam yang bisa kamu coba di rumah. Yuk disimak!

Baca Juga: Tips Ampuh Merawat Motor Bebek Supaya Agar Performa Tetap Gacor!

Siapkan bahan-bahan:

  • 1/2 kg kunyit (bersihkan, kupas kulitnya lalu haluskan blender dan ambil airnya)
  • 1/4 gula jawa (irs tipis-tipis gula jawa atau haluskan)
  • 1/2 kg asam jawa 
  • 2 liter air 
  • Satu sendok teh garam

Cara membuat:

  • Langkah pertama, kamu bisa merebus air yang sudah disiapkan, kemudian campurkan kunyit yang tadi sudah di blender aduk hingga merata.
  • Lalu masukan asam, gula jawa, dan garam ke dalamnya. Rebus semua bahan tersebut hingga benar-benar mendidih, jangan lupa untuk sambil diaduk-aduk ketika memasaknya agar semua bahan larut menjadi satu.
  • Jika sudah mendidih, angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu. Setelah dingin, jamu kunyit asam sudah siap untuk diminum. Selain itu, dapat juga diminum.
  • Untuk saran penyajian, kamu bisa menambahkan es batu saat ingin meminum kunyit asam, agar jamu tersebut lebih menyegarkan.
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini