Cara Hitung Durasi Tidur Anak, Tidur Siang atau Malam Ternyata Sama Baik untuk Tubuhnya

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 04 Maret 2024, 16:14 WIB
Apakah anak kamu susah tidur siang? Apakah ini masalah atau tidak terjadi apa-apa? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Apakah anak kamu susah tidur siang? Apakah ini masalah atau tidak terjadi apa-apa? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM – Apakah anak kamu susah tidur siang? Apakah ini masalah atau tidak terjadi apa-apa? Pertanyaan ini wajar karena anak yang susah tidur siang atau anak yang tidak tidur siang akan menimbulkan beberapa masalah.

Katherina Adisaputro, MPH, melalui chanel Youtube Dokter 24 menjelaskan bahwa saat beranjak makin besar, anak yang susah tidur siang dikhawatirkan akan kekurangan waktu tidur. Sebenarnya, tidur siang itu wajib atau tidak?

Tidur adalah kebutuhan manusia yang sangat penting, baik dari bayi, anak-anak remaja hingga orang dewasa sekalipun. Selain memulihkan tenaga, tidur juga memegang peranan yang penting untuk menutrisi otak.

Baca Juga: 4 Jenis Pertanyaan yang Pasti Keluar Saat Wawancara Kerja, Cocok Buat Kamu yang Lagi Mau Masuk Kerja

Oleh karena itu, perilaku tidur anak merupakan salah satu kekhawatiran yang sering diungkapkan orang tua kepada dokter saat berkunjung ke fasilitas Kesehatan.

Padahal, waktu tidur ini sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan kondisi masing-masing anak. Semakin anak bertambah usia, fungsi otaknya pun semakin dewasa.

“Artinya, waktu tidurnya akan berkurang sedikit demi sedikit, jadi waktu tidur ini bisa berbeda-beda. Misalnya saja, anak usia 0 hingga 3 bulan membutuhkan waktu tidur selama kurang lebih 14 hingga 17 jam per hari hari. Waktu ini biasanya dibagi setengah untuk tidur malam dan setengahnya lagi untuk tidur siang,” jelasnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Sahur yang Mudah Dibuat, Bunda Wajib Coba, Keluarga Dijamin Suka

Dilanjutkannya bahwa anak usia 4 hingga 11 bulan membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar 12 hingga 16 jam. Pada usia ini, waktu tidur siang akan semakin berkurang hingga 2 hingga 3 jam saja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini