4 Jenis Pertanyaan yang Pasti Keluar Saat Wawancara Kerja, Cocok Buat Kamu yang Lagi Mau Masuk Kerja

Ananta
Senin 04 Maret 2024, 15:30 WIB
4 Jenis Pertanyaan yang Pasti Keluar Saat Wawancara Kerja, Cocok Buat Kamu yang Lagi Mau Masuk Kerja (Sumber : Tangkap Layar Youtube Samuel & Claudya)

4 Jenis Pertanyaan yang Pasti Keluar Saat Wawancara Kerja, Cocok Buat Kamu yang Lagi Mau Masuk Kerja (Sumber : Tangkap Layar Youtube Samuel & Claudya)

LABVIRAL.COM - Wawancara kerja merupakan tahapan penting dalam proses seleksi karyawan di berbagai perusahaan.

Hal ini karena wawancara memberikan kesempatan bagi pihak perusahaan untuk lebih mengenal calon karyawan secara mendalam, melampaui apa yang tercantum di CV atau resume mereka.

Dalam sebuah video yang diunggah di platform YouTube dengan judul "Empat Jenis Pertanyaan yang Pasti Keluar Saat Interview", Samuel, seorang Senior Manager dengan pengalaman kerja lebih dari delapan tahun, membahas empat jenis pertanyaan yang umumnya diajukan dalam wawancara kerja.

Berikut detailnya empat jenis pertanyaan yang umumnya diajukan dalam wawancara kerja.

Baca Juga: 4 Pertanyaan Saat Wawancara Magang, Serta Cara Jawabnya yang Baik dan Benar, Auto Diterima Magang

1. Pertanyaan Berbasis Kompetensi

Pertanyaan ini sering kali digunakan oleh HRD maupun pewawancara untuk menggali lebih dalam tentang kemampuan dan pengalaman calon karyawan.

Contoh dari pertanyaan ini adalah, "Ceritakan pengalaman Anda yang paling menantang selama mengelola sebuah organisasi" atau "Berapa jumlah karyawan yang pernah Anda kelola di pekerjaan terdahulu?".

Pertanyaan ini menggunakan pendekatan behavioral event interview yang mengajak kandidat untuk menceritakan pengalaman konkret yang pernah mereka alami.

Teknik STAR (Situation, Task, Action, Result) sering digunakan dalam menjawab pertanyaan ini untuk memberikan konteks yang jelas dan rinci.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini