Jangan Dibentak atau Dimarahi! Begini Caranya Atasi Anak Suka Ngomong Kasar Hingga Bicara Kotor

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 14 Maret 2024, 15:56 WIB
Anak-anak yang tiba-tiba bisa berkata kasar tentu sangat mengagetkan. Apalagi, rata-rata orang tua memang tak mengajarkan anak secara langsung untuk bicara kasar bahkan bicara kotor (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Anak-anak yang tiba-tiba bisa berkata kasar tentu sangat mengagetkan. Apalagi, rata-rata orang tua memang tak mengajarkan anak secara langsung untuk bicara kasar bahkan bicara kotor (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM – Anak-anak yang tiba-tiba bisa berkata kasar tentu sangat mengagetkan. Apalagi, rata-rata orang tua memang tak mengajarkan anak secara langsung untuk bicara kasar bahkan bicara kotor.

Tapi, anak-anak yang berkata kasar tentu ada penyebabnya. Bisa jadi dari dalam rumah atau di lingkungan tempatnya bermain.

Tentu, Bunda pasti kaget kalau si kecil tiba-tiba berbicara kata-kata yang kasar. Padahal, Mams atau keluarga lain tidak pernah mengajarinya.

Hal ini tentu membuat kamu bertanya-tanya si kecil, belajar dari mana? Lalu bagaimana cara menghadapi anak kalau tiba-tiba berkata kasar?

Baca Juga: Sukses Itu Berat! Kamu Tak Perlu Menguasai 9 Trik Tanda Orang Sukses Di Masa Depan Ini Jika Merasa Cukup Hidup Begini Aja

“Mams harus tahu, kalau anak-anak adalah masa dimana mereka menjadi peniru yang ulung. Jadi, wajar banget kalau otaknya mampu merekam segala sesuatu yang dilihat dan juga didengar, baik dari tayangan di TV maupun gadget,” kata dr. Katherina Adisaputro, MPH melalui chanel Youtube Dokter 24.

Menurutnya, perkataan kasar dari anak-anak juga bisa bersumber dari apa yang ia dengar saat ayah dan ibunya bertengkar. Ucapan teman-temannya saat bermain juga sangat bisa terekam dengan jelas.

“Sebenarnya, si kecil juga belum tahu arti yang sebenarnya dari kata yang diucapkan. Jadi walaupun Moms tidak pernah mengajarkan secara langsung kepada si kecil, tapi anak bisa mempelajari apa yang ada di sekitarnya,” sambungnya.

Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu si kecil tiba-tiba mengungkapkan kata-kata kasar, Mams jangan terpancing emosi dan berbalik mengomelinya. Bunda bisa berusaha untuk tetap tenang, lalu perlahan-lahan memberi pemahaman pada anak bahwa kata yang diucapkan tadi itu sungguh tidak baik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini