3 Cara Sangrai Biji Kopi Pakai Mesin, Gak Perlu Ribet

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 19:39 WIB
Kopi Indonesia (Sumber : Pixabay.com)

Kopi Indonesia (Sumber : Pixabay.com)

da beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyangrai biji kopi dengan menggunakan mesin. Sebab, tindakan tersebut akan berpengaruh pada kualitas kopi.

Nah, biji kopi sebelum diolah menjadi minuman tentunya harus melewati beberapa proses. Biji kopi ini akan melewati proses roasting atau sangrai terlebih dahulu. 

Kini menyangrai kopi bisa dilakukan dengan menggunakan mesin yang lebih praktis dan mudah. Menyangrai kopi dengan mesin juga bisa membuat kematangan kopi pas. Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang memilih menyangrai biji kopi dengan cara tradisional.

Prinsip kerja sangrai kopi memakai mesin cukup sederhana. Biji kopi dimasukkan ke mesin atau ruang sangrai yang memutar dengan suhu tertentu secara teratur sampai proses pemanasan merata.

Seiring adanya perkembangan dan kemajuan teknologi, berbagai jenis mesin sangrai kopi bisa didapatkan dengan mudah. Bagi para pecinta kopi dan pebisnis kopi menggunakan mesin sangrai lebih memudahkan dalam membuat biji kopi matang dan bisa diproses ke tahap selanjutnya.

Mesin kopi biasanya tidak hanya untuk menyangrai biji kopi saja. Akan tetapi, mesin ini bisa juga menggiling kopi agar menjadi bubuk halus dan merata sehingga siap diseduh.

Selain itu mesin sangrai atau mesin roaster ini memiliki berbagai fungsi lainnya yaitu memunculkan rasa kopi asli. Jika semakin tinggi suhu yang dihasilkan dari mesin, maka akan membuat biji kopi menjadi matang dengan sempurna dan karakter kopi lebih terasa. 

Nah, bagaimana cara menggunakan mesin sangrai kopi ini? Berikut penjelasan selengkapnya:

Mengenali Karakter Kopi

Biji Kopi (pinmig.com)

Terdapat dua jenis kopi paling umum yang sering digunakan, yaitu arabika dan robusta. Kedua jenis kopi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Maka, perlu untuk mengetahui karakteristik terlebih dahulu sebelum menentukan suhu yang tepat untuk menyangrai kopi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini