Nikmati Kopi Robusta Ala Cafe di Rumah, Ternyata Harus Dibuat dengan Cermat

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 04:28 WIB
Ilustrasi kopi robusta. (Sumber : Pixabay.com/Anja)

Ilustrasi kopi robusta. (Sumber : Pixabay.com/Anja)

LABVIRAL.COM - Kopi robusta yang enak ternyata harus dibuat dengan kecermatan tingkat tinggi. Itulah kenapa kalau kita menikmati seduhan kopi robusta di cafe sangat nikmat. Baristanya memiliki kesabaran untuk menyiapkan yang terbaik untuk pelanggan. 

Lalu apakah tidak mungkin bagi kita yang hobi minum kopi membuat sendiri kopi robusta ala cafe di rumah? Bisa kok, kalau kita mengetahui langkah-langkah yang benar.

Pertama, yang harus dilakukan tentunya menyiapkan bahan. Bahan yang perlu disiapkan tentunya kopi jenis robusta yang sudah digiling sebanyak 1-2 gram. 

Baca Juga: Bukan Hobi Biasa, Tugas dan Tanggung Jawab Barista yang Tidak Hanya Meracik Kopi

Kedua, siapkan bahan campuran seperti susu cair, susu kental manis, karamel, gula aren dan juga air panas, alat yang diperlukan adalah gelas, sendok, serta saringan kopi.

Ketiga, perhatikan cara menyeduh kopi robusta yang benar yaitu dengan merebus air hingga mendidih dan diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit sampai suhu air akan sedikit turun. Setelah suhu air turun sekitar 80-90 derajat celcius, tuangkan air tersebut ke dalam cangkir yang berisi kopi robusta. 

Keempat, aduk kopi dengan kecepatan yang sedang agar kekentalan yang diperoleh pas. 

Baca Juga: Ini Tugas dan Wewenang Pejabat Kepala Daerah Sesuai Undang-Undang

Penting untuk diperhatikan kalau kamu ingin menambahkan campuran pelengkap seperti susu kental, gula dan juga caramel. Semua itu harus disusun secara tepat. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini