Bukan Hobi Biasa, Tugas dan Tanggung Jawab Barista yang Tidak Hanya Meracik Kopi

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 04:25 WIB
Ilustrasi, tugas barista

Ilustrasi, tugas barista

LABVIRAL.COM - Kalau kamu melihat barista di sebuah cafe, mungkin kamu berpikir tugas mereka adalah hanya menyajikan kopi. Tidak salah sih, tapi bukan hanya itu saja tugas dan tanggung jawab barista. 

Barista merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk meracik, membuat, menyajikan dan juga menyiapkan kopi. Pada umumnya barista bekerja di suatu kedai kopi atau coffee shop yang menunya based on original coffee, seperti espresso, americano, v60, dan lain sebagainya. 

Pekerjaan barista memang banyak yang menganggapnya mudah. Sebenarnya pekerjaan barista membutuhkan pelatihan yang cukup panjang dan juga kemampuan yang tinggi agar racikan kopi yang dibuat sempurna dan enak.

Baca Juga: Ini Tugas dan Wewenang Pejabat Kepala Daerah Sesuai Undang-Undang

Jika memperhatikan berbagai menu base on original coffee, menyajikan kopi akhirnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Para barista harus mengetahui berbagai teknik dan cara dalam menyajikan minuman.

Maka dari itu, pekerjaan barista tentunya membutuhkan skill, minat, dan pengetahuan mengenai kopi serta ini tidak bisa dianggap sebagai hobi biasa.

Tugas dan tanggung jawab barista

Tugas Barista (pinimg.com)

Tugas utama barista adalah meracik kopi. Mereka harus memperhatikan kualitas kopi yang akan disajikan. Maka dari itu, barista yang berpengalaman bisa mengenali tekstur kopi yang nikmat dan yang tidak. 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Pasal 34 UUD 1945 tentang Fakir Miskin dan Anak Terlantar

Selain bertanggung jawab untuk memastikan kualitas kopi, barista juga bertanggung jawab dan bertugas untuk memastikan alat-alat yang digunakan dalam keadaan yang baik. Dalam artian, selalu bersih dan lancar digunakan. Sebab, setiap alat yang digunakan juga akan berpengaruh pada cita rasa kopi hasil racikannya. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini