Rekomendasi 5 Game Edukatif untuk Anak

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 23:17 WIB
anak-anak (Sumber : Unspalash/bruce mars)

anak-anak (Sumber : Unspalash/bruce mars)

LABVIRAL.COM - Teknologi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian orang tua milenial, salah satunya yakni memberikan kesempatan anak untuk bermain game menggunakan gadget. 

Kemudahan akses terhadap permainan digital inilah yang membuat penggunaannya meningkat dibandingkan generasi sebelumnya, selain juga faktor daya tarik luar biasa yang mampu membuat anak sangat senang ketika bermain game di smartphone mereka.

Apakah membiarkan anak bermain gadget atau game aman bagi tumbuh kembangnya? Tergantung dari jenis game anak yang ibu sediakan untuk anak, berikut peraturan dalam mengaksesnya. Game anak edukatif merupakan salah satu jenis game yang aman bagi anak dan memiliki berbagai manfaat.

Menurut Konsultan Pendidikan Online dari San Fransisco, Patricia Fioriello di laman drpfconsults-com, banyak game anak edukatif yang benar-benar mengajari anak berbagai macam hal, tidak hanya yang bersifat akademis namun juga logika dasar penggunaan komputer, kemampuan sosial dan kecakapan emosional.

Fioriello mengambil contoh seorang anak berusia 4 tahun yang mengakses situs edukatif ABCmouse.com. Setelah 5 bulan belajar melalui situs tersebut, ia sudah menguasai bentuk geometri serta suara masing-masing huruf abjad, yang mana merupakan materi yang disampaikan di taman kanak-kanak.

Baca Juga: Cara Download Game Valorant dan Aturan Mainnya

Manfaat lain dari game anak edukatif adalah meningkatkan kemampuan anak untuk fokus. Ketika bermain game, anak harus memahami cara bermain dan menyelesaikan tantangan yang diberikan agar memperoleh nilai dan menang. 

Hal ini secara tidak langsung akan memperpanjang attention span (rentang perhatian) serta kesabaran anak. Memenangkan permainan juga membantu membangun kepercayaan diri anak dan kebahagiaan meraih prestasi.

Kini, banyak developer teknologi menyediakan game anak edukatif tidak perlu membeli CD software dan menginstalnya di komputer seperti zaman dahulu. Orang tua dapat mengunduh game anak edukatif di smartphone melalui Playstore atau AppStore.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini