Ayah dan Bunda Wajib Hormat pada Si Kecil, Ini 9 Kunci Parenting Paling Efektif

Tim Redaksi Labviral
Selasa 11 April 2023, 22:30 WIB
Ayah dan Bunda Wajib Hormat pada Si Kecil, Ini 9 Kunci Parenting Paling Efektif (Freepik.com)

Ayah dan Bunda Wajib Hormat pada Si Kecil, Ini 9 Kunci Parenting Paling Efektif (Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Parenting merupakan pekerjaan maupun keterampilan yang dimiliki orangtua untuk mengasuh anak. Parenting juga diartikan sebagai upaya-upaya yang dilakukan orangtua saat mengasuh dan membesarkan anak-anak mereka.

Menjadi orangtua tentu tak mudah, oleh karena itu wajib para calon orangtua untuk mengetahui bagaimana mengasuh anak yang efektif ketika memutuskan memiliki anak. Pengasuhan atau pola asuh orangtua terhadap anak akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak sampai dewasa nantinya.

Parenting bertujuan untuk mempersiapkan anak menjadi anak-anak yang bahagia, penuh kemandirian, memiliki moral yang baik maupun ilmu pengetahuan yang baik. Nah, bagi kamu para calon orangtua maupun orangtua baru sudah tahukah kamu bagaimana parenting kepada anak yang efektif?

Baca Juga: Penyebab Anak Hiperaktif dan ADHD, Bunda Baca Yuk!

Berikut 9 tips yang dilansir Labviral.com dari kidshealth. 

1. Tingkatkan self esteem pada anak

Jangan anggap bayi kamu tak mengerti apa-apa. Ia bahkan menyerap apapun yang ia lihat dari mata orangtua. Jadi,sebagai orangtua perhatikan gaya bicara, nada bicara bahkan pilihan kata yang baik ketika berada di sekitar anak. Karena Kata-kata dan perilaku orangtua akan diserap meski masih bayi.

Self esteem bisa meningkat ketika kamu menghargai sang anak seperti manusia seutuhnya. Hindari membandingkan, dan meremehkan anak-anak seperti anak-anak tidak berguna. Juga selalu puji prestasi anak sekecil apapun itu untuk memupuk harga dirinya dan membuat anak melihat ia sebagai sesuatu yang berharga.

2. Perlakukan anak dengan hormat

Ketika orangtua ingin dihormati, begitu juga anak. Jangan beranggapan bahwa hanya orangtua saja yang butuh dihargai. Orangtua juga wajib menaruh hormat pada anak. Hargai dan hormati setiap pendapatnya, dengarkan keinginan mereka baik-baik untuk mengerti mereka.

Temukan hal-hal walaupun kecil untuk dipuji pada anak. Berperilakulah sebagai orangtua yang menyenangkan jika anakmu juga ingin memiliki sikap demikian padamu.

3. Prioritaskan komunikasi

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini