Anak Obesitas, Jangan Tunda Penanganannya Ya!

Tim Redaksi Labviral
Rabu 12 April 2023, 11:48 WIB
Anak Obesitas, Jangan Tunda Penanganannya Ya! (Unsplash/I. Yunmai)

Anak Obesitas, Jangan Tunda Penanganannya Ya! (Unsplash/I. Yunmai)

LABVIRAL.COM – Lembaga penelitian American Academy of Pediatrics baru-baru ini mengeluarkan pedoman baru untuk merawat anak dan remaja obesitas di Amerika Serikat (AS). Saat ini terdapat 14 juta anak dan remaja obesitas di AS.

Pedoman tersebut tentu saja mengejutkan banyak orang tua dan beberapa ahli, karena mereka mendorong intervensi perilaku, bahkan untuk anak-anak yang masih sangat kecil, serta perawatan obat atau pembedahan untuk remaja obesitas.

Pedoman tersebut muncul dari penelitian ilmiah tentang obesitas yang telah berkembang selama beberapa dekade. Kondisi tersebut merupakan faktor risiko sejumlah gangguan, termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, nyeri sendi dan punggung, serta beberapa jenis kanker. Mengobati masalah sedini mungkin dapat membantu mencegah banyak penderitaan.

Berikut adalah jawaban atas beberapa pertanyaan tentang penelitian obesitas anak dan mengapa para ahli menganjurkan pengobatan.

Baca Juga: Obesitas Dapat Menurunkan Produksi ASI pada Ibu Menyusui

Apa yang dikatakan pedoman baru tentang penyebab obesitas?

Pedoman ini menekankan bahwa obesitas bukan hanya akibat dari kebiasaan makan yang buruk dan kurang olahraga. Obesitas adalah penyakit kronis dengan banyak penyebab yang saling terkait, termasuk dipengaruhi oleh genetika.

Para peneliti menemukan bahwa obesitas adalah salah satu sifat bawaan yang paling kuat. Misalnya, anak angkat cenderung memiliki bentuk dan berat yang sama dengan orang tua kandungnya.

Kecenderungan genetik menentukan tahapan bagi beberapa anak untuk menambah berat badan di lingkungan di mana makanan – seringkali makanan berkualitas rendah – ada di mana-mana. Dan penambahan berat badan bisa menjadi lingkaran setan.

Anak-anak dan remaja obesitas sering mengalami ejekan dan intimidasi sehingga membuat mereka makan berlebihan, isolasi sosial dan menghindari layanan keseharan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

Apa Bedanya Gemuk dan Obesitas?

Rabu 15 Maret 2023, 13:07 WIB
Apa Bedanya Gemuk dan Obesitas?
Berita Terkini