5 Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Aci
Kamis 27 April 2023, 17:17 WIB
Tips Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Tips Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

LABVIRAL.COM- Mom, memiliki bayi tentu saja mengharuskan mommy lebih hati-hati dalam merawatnya.

Salah satunya soal makanan, makanan bayi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memastikan tumbuh kembang dan kesehatan bayi yang optimal. 

Bayi yang sehat dan tumbuh kembangnya optimal tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. 

Baca Juga: Bumil Sering Konsumsi Makanan Manis, Lihat Efeknya pada Bayi

Oleh karena itu, memilih jenis makanan yang tepat untuk bayi sangatlah penting. Pada awal kehidupan, bayi biasanya hanya mengkonsumsi ASI atau susu formula sebagai sumber nutrisi utamanya. 

Namun, ketika bayi mulai memasuki usia 6 bulan, bayi perlu diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. 

Nah, berikut ini Labviral.com mau kasih tau beberapa jenis makanan MPASI yang baik untuk diberikan untuk si bayi. Yuk disimak!

Bubur beras

Bubur beras merupakan salah makanan MPASI yang paling umum diberikan sebagai MPASI pada bayi. 

Bubur beras bisa diolah dengan berbagai cara, seperti dengan ditambahkan sayuran atau daging. 

Baca Juga: 4 Resep Kreasi MPASI Anak 7 Bulan yang Mudah Dibuat

Pastikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur beras tersebut sudah dicuci dan dimasak dengan baik untuk menghindari risiko infeksi.

Puree sayuran dan buah

Puree sayuran dan buah merupakan pilihan lain yang baik untuk bayi. Sayuran yang bisa digunakan antara lain wortel, kentang, brokoli, dan bayam. 

Sedangkan untuk buah-buahan, bisa menggunakan apel, pisang, atau alpukat. Pastikan sayuran dan buah sudah dicuci dan dikukus terlebih dahulu sebelum dihaluskan.

Telur

Telur juga bisa diberikan sebagai makanan tambahan pada bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan. Namun, hindari memberikan kuning telur terlebih dahulu karena dapat menyebabkan alergi. Berikan putih telur terlebih dahulu, dan bila bayi sudah terbiasa, baru berikan kuning telur.

Baca Juga: Simak Dasar Penerapan Metode MPASI BLW Buat Si Kecil

Daging atau Ikan

Daging atau ikan juga bisa diberikan sebagai makanan tambahan pada bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan. Pastikan daging atau ikan sudah dicuci bersih dan dimasak hingga matang sempurna. Hindari memberikan daging atau ikan yang banyak mengandung lemak jenuh.

Yogurt

Yogurt bisa diberikan sebagai makanan tambahan pada bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan. Pilih yogurt yang tidak mengandung gula tambahan atau pemanis buatan, dan pastikan kandungan bakteri baiknya tinggi. Yogurt dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan bayi.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini