Bumil Sering Konsumsi Makanan Manis, Lihat Efeknya pada Bayi

Tim Redaksi Labviral
Selasa 18 April 2023, 02:12 WIB
Bumil Sering Konsumsi Makanan Manis, Lihat Efeknya pada Bayi (FOTO: Dok dr. Alamsyah)

Bumil Sering Konsumsi Makanan Manis, Lihat Efeknya pada Bayi (FOTO: Dok dr. Alamsyah)

LABVIRAL.COM - Makanan dan minuman manis tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi juga menyegarkan. Ini yang menjadi alasan banyak orang menyukai jenis jajanan tersebut. Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis ternyata bisa berdampak ke kesehatan.

dr. Alamsyah, Sp. Og. Mengungkapkan bahwa mengkonsumsi banyak makanan manis dapat memberikan dampak negatif bagi calon bayi yang ada dalam kandungan.

Baca Juga: Bumil Banyak Minum Kopi Berisiko Anak Bertubuh Pendek

Hal ini dikarenakan ibu yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis selama hamil memiliki risiko dua kali lipat melahirkan anak yang akan memiliki penyakit asma dan alergi terhadap hal tertentu.

“Biasanya ini terjadi karena gula dapat menyerang sistem imun yang sedang dibangun selama bayi di dalam kandungan. Akibatnya, anak jadi lahir tanpa memiliki perlindungan terhadap satu atau beberapa hal,” kata dr. Alamsyah, dikutip Labviral.com.

Baca Juga: Bumil Boleh Minum Teh Lemon, Ini 5 Manfaatnya Bagi Kehamilan

Dokter kandungan itu menjelaskan, jika kebiasaan makan manis selama hamil tidak dibarengi dengan membersihkan mulut secara rutin, secara tidak langsung ini akan membahayakan calon bayi dalam kandungan.

“Kalau ibunya terus menerus mengkonsumsi gula secara berlebih itu bisa memicu terjadinya obesitas alias kelebihan berat badan pada bayi. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir besar,” jelasnya.

Membatasi konsumsi makanan manis tidak hanya perlu dilakukan oleh ibu hamil saja. Namun, anak-anak, remaja dan dewasa usia produktif seharusnya waspada terhadap kebiasaan ini.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini