Apakah Ibu Hamil Aman Menyetir Mobil? Begini Penjelasannya

Yusuf Tirtayasa
Rabu 29 Maret 2023, 15:29 WIB
Di keadaan tertentu, orang dengan kondisi khusus seperti ibu hamil bahkan harus mengemudi mobil sendiri, Aman kah? (Sumber : Unsplash)

Di keadaan tertentu, orang dengan kondisi khusus seperti ibu hamil bahkan harus mengemudi mobil sendiri, Aman kah? (Sumber : Unsplash)

LabViral.com - Mengendarai mobil kini bisa dilakukan oleh semua kalangan yang sudah memenuhi syarat, baik kaum adam maupun hawa. Di keadaan tertentu, orang dengan kondisi khusus seperti ibu hamil bahkan harus mengemudi mobil sendiri, Aman kah?

Keamanan ibu hamil saat menyetir mobil perlu diperhatikan karena ternyata banyak risiko, baik untuk ibu maupun janin yang ada dalam kandungnya. Meski demikian, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk menyetir mobil ketika hamil, asalkan kondisi badannya sehat dan mampu mengendalikan kendaraan.

Sebab, terkadang bagi sebagian perempuan pada trimester pertama kerap mengalami mual atau muntah, dan jika mengalami kondisi seperti ini sebaiknya tidak mengemudikan mobil. Kemudian jika umur kandungan sudah semakin tua, akan berpengaruh pada kemampuan mengendalikan setir, sebab kerap terhalang kondisi perut yang sudah mulai membesar.

Jika dirasa kondisi sudah tidak sanggup karena umur kandungan semakin membesar, ada baiknya untuk tidak mengemudi. Kondisi duduk yang lama juga akan menyebabkan leher atau kaki menjadi kaku hingga bengkak.

Nah buat ibu hamil yang tetap ingin mengemudi ada baiknya simak tips-tips di bawah ini agar tetap aman dalam berkendara.

1. Lakukan Peregangan

Sebelum ibu hamil (bumil) hendak mengendarai mobil, ada baiknya melakukan peregangan, hal ini bertujuan agar otot-otot tidak kaku.

Selain itu, peregangan juga bisa dilakukan pada sela-sela waktu menyetir. Lakukan peregangan singkat untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah.

Baca Juga: 6 Game Simulator di HP Untuk Belajar Menyetir Mobil

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini