Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya

Yusuf Tirtayasa
Selasa 09 Mei 2023, 23:34 WIB
Ilustrasi, telur rebus baik untuk kesehatan

Ilustrasi, telur rebus baik untuk kesehatan

LABVIRAL.COM - Telur kerap menjadi sebab seseorang mengalami alergi. Para ilmuwan di Universitas Kedokteran Kansai telah meneliti anak-anak untuk mempelajari tentang alergi telur, terutama jumlah bakteri usus yang menghasilkan zat yang dikenal sebagai asam butirat. 

Asam butyric dikonfirmasi adalah jennis zat yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel T regulator, atau sel treg, yang menghambat reaksi imun yang berlebihan.

"Tingkat bakteri pada anak-anak dengan alergi telur adalah sepertiga dari keseluruhan jumlah tes," kata para peneliti dikutip dari The Asahi Shimbun.

Karena itu, anak-anak yang mendapat alergi cenderung memiliki lebih sedikit sel treg dalam darah mereka. Ini memungkinkan mereka akan kesulitan mengendalikan reaksi imun yang ekstrem. 

Baca Juga: Putih Telur dan Kuning Telur, Mana yang Lebih Sehat?

Reaksi alergi juga dapat menyebabkan tubuh menolak zat yang baik, mengakibatkan pusing, ruam dan masalah kesehatan lainnya.

Seorang dosen Pediatrics di Kansai Medical University, Shohei Akagawa mengatakan, bahwa menaikkan jumlah asam butirat atau bakteri untuk menghasilkan zat dalam usus dapat terbukti bermanfaat dalam menyembuhkan alergi makanan.

"Kami akan membangun terapi baru yang dapat dilakukan dengan mengkonsumsi lebih banyak serat makanan, yang memberi makan bakteri penghasil asam butirat," katanya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkini