Putih Telur dan Kuning Telur, Mana yang Lebih Sehat?

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 00:25 WIB
Ilustrasi, telur rebus baik untuk kesehatan

Ilustrasi, telur rebus baik untuk kesehatan

LABVIRAL.COM - Telur dianggap sebagai sumber protein yang baik. Bagian putih telur dan kuning telurnya, keduanya bermanfaat dalam hal kesehatan. Sebenarnya, kuning telur mengandung lemak dan asam amino tinggi, sedangkan bagian putihnya kaya akan protein. Keduanya bekerja seperti makanan super dan makanan bergizi bagi tubuh kita. 

Namun, beberapa orang lebih memperhatikan mengonsumsi salah satu di antara putih telur dan kuning telurnya saja. Oleh karena itu, mari kita simak secara rinci manfaat kuning dan putih telur, mana yang lebih sehat untuk tubuh.

Dilansir LABVIRAL.com dari laman Indiatvnews telur memiliki protein lengkap. Ini berarti bahwa telur mengandung semua sembilan asam amino esensial, yang merupakan asam amino yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh dan harus diterima dari makanan.

Baca Juga: Minum 2 Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Risiko Kematian Bagi Penderita Hipertensi

Kuning Telur dan Putih Telur

Manfaat Putih Telur 

Bagian putih telur bermanfaat bagi seseorang yang menderita penyakit jantung. Ini adalah makanan berkalori tinggi yang memberi protein pada tubuh, tetapi tidak meningkatkan kolesterol. 

Terlepas dari ini, ada banyak jenis asam amino di dalamnya yang mempromosikan gangguan otot dan membantu dalam membangun massa otot.

Lebih lanjut, ada sebuah studi mengenai hewan yang diterbitkan pada American Chemical Society, di mana para ilmuwan di Clemson University menemukan peptida yang disebut RVPSL ditemukan dalam putih telur. 

Baca Juga: Dampak Buruk Sering Menggigit Kuku, Ayo Tingalkan Kebiasaaan Ini!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini