Minum 2 Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Risiko Kematian Bagi Penderita Hipertensi

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 00:22 WIB
Ilustrasi, kopi berbahaya bagi penderita hipertensi

Ilustrasi, kopi berbahaya bagi penderita hipertensi

LABVIRAL.COM - Minum kopi di pagi hari dapat membuat seseorang merasa lebih berenergi dan penghilang rasa kantuk. 

Namun, memiliki kebiasaan minum kopi tidak baik untuk kesehatan. Ada sebuah penelitian menyebutkan minum kopi dua cangkir sehari dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung bagi yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi).

Dilansir Labviral.com dari laman Indianexpress, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association (AHA), jika seseorang meminum kopi dan memiliki tekanan darah 160/100mm Hg atau lebih tinggi (hipertensi) maka akan berisiko dua kali lipat kematian akibat penyakit kardiovaskular jika minum lebih dari dua cangkir kopi setiap hari.

Baca Juga: Dampak Buruk Sering Menggigit Kuku, Ayo Tingalkan Kebiasaaan Ini!

Para peneliti mengumpulkan lebih dari 6.570 pria dan 12 ribu wanita, berusia 40 hingga 79 tahun pada rentang 1990-2009, yang dipilih dari Studi Kohort Kolaboratif Jepang untuk Evaluasi Risiko Kanker. Para peserta diminta mengisi kuesioner terkait gaya hidup, pola makan dan riwayat kesehatan. Mereka juga menjalani pemeriksaan kesehatan.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang hanya minum satu kopi sehari dan mengonsumsi teh hijau setiap hari tidak berisiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular.

"Bagi konsumi kopi berat 80 hingga 90 mg dari secangkir kopi rata-rata dapat meningkatkan detak jantung, dan menyempitkan pembuluh darah. Jadi, pada pasien darah tinggi, minum kopi yang berlebihan mempercepat efek samping," kata peneliti.

Baca Juga: Daftar Penyakit Komplikasi Berbahaya karena Hepatitis

Sementara, menurut Dr Neeraj Bhalla, Direktur Senior, Kardiologi, Rumah Sakit Spesialis Super BLK Max, New Delhi mengungkapkan, minum kopi berlebihan adalah penanda pengganti stres berlebihan yang dialami individu di tempat kerja atau di rumah. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini