4 Cara Agar Umroh Mabrur hingga Mendapat Manfaat Dunia Akhirat

Hadi Mulyono
Kamis 18 Mei 2023, 19:34 WIB
Umroh Mabrur. (Sumber : unsplash.com/Haidan)

Umroh Mabrur. (Sumber : unsplash.com/Haidan)

LABVIRAL.COM - Setiap muslim yang pergi ke Baitullah untuk melaksanakan umroh pasti berharap bisa meraih predikat umroh mabrur.

Secara bahasa umroh artinya ziarah sedangkan menurut istilah memiliki makna berziarah ke Ka'bah untuk tawaf, sa'i antara bukit Shafa dan Marwah dan mencukur atau menggunting rambut dengan cara tertentu dan bisa dikerjakan kapan saja.

Adapun umroh mabrur adalah ibadah ke Baitullah dengan aturan tertentu yang memenuhi segala hukum, rukun dan sunnahnya secara sempurna dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Baca Juga: Fakta-fakta Via Vallen Umrah Saat Adiknya Menikah, Benarkah Tak Akur?

Nabi Muhammad saw bersabda, "Dan tiada balasan bagi umroh haji yang mabrur selain surga. Sungguh surga adalah keinginan semua manusia. (HR. Bukhari dan Muslim).

Nah, di bawah ini Labviral.com akan membagikan beberapa cara agar umroh mabrur dan bisa meraih keutamaan dunia dan akhirat.

  1. Memperbanyak ibadah dan doa selama berada di Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi. Cara yang bisa dilakukan antara lain salat, zikir, membaca Al-Qur'an dan lain sebagainya.
  2. Menjunjung tinggi sopan santun selama umroh. Jangan sampai selama berada di Tanah Suci kita bersikap sembarangan tidak sesuai dengan syariat Islam.
  3. Tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Meski kedengarannya sepele, tetapi bersih dan sehat adalah kunci utama agar ibadah berjalan lancar.
  4. Bersabar dalam melaksanakan ibadah umroh. Hal ini penting dilakukan karena umroh merupakan ibadah yang membutuhkan waktu, tenaga hingga materi yang tidak sedikit.

Baca Juga: Netizen Istighfar Liat Isa Zega Pakai Hijab dan Beribadah di Tempat Perempuan Saat Umrah

Secara umum, poin-poin di atas bisa disimpulkan bahwa cara agar umroh mabrur membutuhkan persiapan yang matang dari segi fisik, mental dan spiritual, dan keuangan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini