Doa Ziarah Kubur Singkat, Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Hadi Mulyono
Jumat 19 Mei 2023, 06:12 WIB
Doa ziarah kubur. (Sumber : freepik.com/luis_molinero)

Doa ziarah kubur. (Sumber : freepik.com/luis_molinero)

LABVIRAL.COM - Bagi kamu yang sedang terburu-buru ketika mengunjungi makam orangtua misalnya, membaca doa ziarah kubur singkat bisa menjadi pilihan tepat.

Dalam sebuah hadis dikatakan, "Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah)." (HR. Hakim).

Biasanya seseorang yang sedang berziarah akan membaca Surah Yasin dan Tahlil yang dilanjutkan doa untuk ahli kubur yang telah mendahului.

Baca Juga: Doa untuk Orang yang Berangkat Umroh Agar Mabrur dan Diberi Keselamatan

Jadi, tanpa perlu panjang lebar lagi berikut ini bacaan doa ziarah kubur singkat yang lengkap, Arab, latin dan terjemahannya.

1. Doa ziarah kubur pendek

اَللَّهُمَّارْحَمْغُرْبَتَهُ،وَصِلْوَحْدَتَهُ،وَاَنِسْوَحْشَتَهُ،وَاَمِنْرَوْعَتَهُ،وَاَسْكِنْاِلَيْهِمِنْرَحْمَتِكَيَسْـتَغْنِيبِهَاعَنْرَحْمَةٍمِنْسِوَاكَ،وَاَلْحِقْهُبِمَنْكَانَيَتَوَلاَّهُ

Allahumarham ghurbatahu, wa shil wahdathu, wa anis wahsyatahu, wa amin rawatahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghni biha ‘an rahmatin mi siwaka, wa alhiqhu biman kama yatawallahu.

Artinya: "Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tentramkan kekhawatirannya, tenangkan dia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang selain-Mu, dan sampaikan dia kepada orang yang dia cintai."

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Anak Sedunia 1 Juni 2023, Penuh Makna dan Doa untuk Si Kecil

2. Doa ziarah kubur singkat

السَّلَامُ علَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ المُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وإنَّا إنْ شَاءَ اللَّهُ بكُمْ لَلَاحِقُونَ

Assalaamu 'ala ahlid diyaari minal mu'miniina wal muslimiin wa yarhamullahu almustaqdimiina minna wal musta'khiriina wa innaa in syaa Allahu bikum lalahiquun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini