10 Hadits tentang Kebersihan, Pedoman Pola Hidup Sehat bagi Umat Muslim

Hadi Mulyono
Sabtu 20 Mei 2023, 14:15 WIB
Ilustrasi hadits tentang kebersihan. (Sumber : unsplash.com/Nathan Dumlao)

Ilustrasi hadits tentang kebersihan. (Sumber : unsplash.com/Nathan Dumlao)

LABVIRAL.COM - Sejumlah hadits tentang kebersihan perlu diketahui oleh setiap muslim apabila ingin menggapai hidup yang sehat.

Siapa sih orang yang enggak mau hidupnya sehat? Maka dari itu, salah satu cara untuk meraih kesehatan ialah dengan menerapkan hadits-hadits Nabi Muhammad saw tentang kebersihan.

Bagaimana bunyi hadits yang bisa dijadikan pedoman agar hidup sehat dan bisa merengkuh kebahagiaan? Simak sampai habis artikel ini yuk!

Baca Juga: Hukum Puasa saat Idul Fitri Hari Pertama Menurut Hadis

1. Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad saw bersabda, "Ada lima macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Dalam sebuah riwayat dikatakan, "Rasulullah saw memerintahkan untuk membangun masjid di perkampungan, memerintahkan untuk membersihkan dan memberi wewanggian." (HR. Ahmad).

3. Menurut hadits tentang kebersihan, "Ada seorang lelaki yang membuang dahan pohon yang menghalangi jalan. Lalu ia berkata, ‘Demi Allah, aku akan singkirkan dahan ini agar tidak menganggu dan menyaiki kaum muslimin.' Maka Allah pun memasukkannya ke surga.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Bacaan Doa Shalat Istikharah Sesuai Hadis, Arab, Latin dan Artinya

4. Nabi Muhammad saw bersabda, "Sekiranya arahku tidak memberatkan umat mukmin, niscaya aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak (menggosok gigi) setiap kali mereka akan mendirikan salat." (HR. Bukhari dan Muslim).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini