6 Hadits tentang Sedekah, Jangan Takut Miskin karena Berbagi

Hadi Mulyono
Sabtu 20 Mei 2023, 15:04 WIB
Hadits tentang sedekah. (Sumber : unsplash.com/Muhammad Daudy)

Hadits tentang sedekah. (Sumber : unsplash.com/Muhammad Daudy)

LABVIRAL.COM - Dalam berbagai literatur islami, banyak ditemukan hadits tentang sedekah yang membuktikan bahwa berbagi itu indah.

Meski kelihatannya seperti mengurangi harta, tetapi sedekah justru akan menambah kekayaan karena rezeki semakin dilancarkan oleh Allah Swt.

إِن تُبْدُوا۟ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا ٱلْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمْ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

In tubduṣ-ṣadaqāti fa ni'immā hiy, wa in tukhfụhā wa tu`tụhal-fuqarā`a fa huwa khairul lakum, wa yukaffiru 'angkum min sayyi`ātikum, wallāhu bimā ta'malụna khabīr.

Baca Juga: Bernilai Sedekah, Ini 5 Pahala Menikah Berdasarkan Keterangan Hadis

Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah ayat 271)

Nah, berikut ini merupakan deretan hadits tentang sedekah yang bisa memotivasi kita untuk senantiasa menyisihkan sebagian harta bagi yang membutuhkan.

1. Dari Abu Umamah ra, Nabi saw bersabda, "Wahai anak Adam, seandainya engkau berikan kelebihan dari hartamu, yang demikian itu lebih baik bagimu. Dan seandainya engkau kikir, yang demikian itu buruk bagimu. Menyimpan sekadar untuk keperluan tidaklah dicela, dan dahulukanlah orang yang menjadi tanggung jawabmu.” (HR. Muslim).

Baca Juga: 3 Cara Sedekah saat Ramadan yang Mudah Dilakukan tapi Pahalanya Besar

2. Dari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda, "Seandainya aku memiliki emas sebesar gunung Uhud, sungguh aku gembira apabila ia tidak tertinggal di sisiku selama tiga malam, kecuali aku sediakan untuk membayar utang." (HR. Bukhari).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini