3 Cara Sedekah saat Ramadan yang Mudah Dilakukan tapi Pahalanya Besar

Hadi Mulyono
Minggu 16 April 2023, 10:20 WIB
Sedekah saat Ramadan. (Sumber : unsplash.com/m Lapian)

Sedekah saat Ramadan. (Sumber : unsplash.com/m Lapian)

LABVIRAL.COM - Salah satu amal ibadah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim adalah sedekah saat Ramadan karena bisa mendatangkan pahala yang tak ternilai.

Akan tetapi, diakui atau tidak sebagian dari kita terkadang masih bingung bagaimana cara bersedekah kepada orang lain.

Padahal saat memasuki bulan puasa Ramadan, ada berbagai cara sedekah yang menarik dan mudah dilakukan. Berikut Labviral.com rekomendasikan beberapa opsi untuk mengerjakannya.

Baca Juga: 8 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Menghapus Dosa hingga Menambah Kekayaan

1. Bagi-bagi takjil

Cara sedekah ketika Ramadan bisa dengan berbagi takjil (makanan untuk berbuka puasa). Hal ini lazim terjadi di Indonesia dan biasanya diselenggarakan oleh komunitas, paguyuban, organisasi dan lain sebagainya.

Soal pahala yang akan didapatkan tidak perlu diragukan lagi. Sebab dalam berbagai riwayat ditegaskan bahwa pahala bersedekah saat puasa Ramadan sangatlah luar biasa.

Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: 3 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan, Bisa Bikin Rezeki Semakin Lancar

2. Mengajarkan Al-Qur'an

Bukan hanya yang berkaitan dengan materi atau harta benda, bersedekah di saat Ramadan bisa dilakukan dengan cara berbagi ilmu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini